Trik Mudah Merawat Mobil Tua

Trik Mudah Merawat Mobil Tua

Trik Mudah Merawat Mobil Tua – Berawal dari sulitnya mencari sparepart asli dan mahalnya harga yang dibandrol dari sparepart mobil tua jika terjadi kerusakan, membuat pemilik mobil tua atau yang biasa disebut mobil klasik terkadang merasa kerepotan untuk merawat mobil tersebut. Faktor usialah yang menjadi penyebab utama dari repotnya perawatan dari mobil tua. Sebenarnya kerusakan-kerusakan yang terjadi pada mobil tua dapat terhindari jika Anda dapat meluangkan sedikit waktu dan ketelatenan untuk merawat mobil tua Anda.

cara Merawat mobil tua

Merawat mobil tua

Tak bisa dipungkiri merawat mobil tua juga perlu membutuhkan perawatan khusus, maka dari itu dibutuhkan trik untuk menjaga mobil kesayangan Anda agar tetap nyaman digunakan. Berikut ini Trendotomotif.com berikan trik mudah untuk merawat mobil tua kesayangan anda :

Trik Mudah Merawat Mobil Tua

1. Ganti oli secara rutin
Oli merupakan bagian yang harus diperhatikan dari sebuah mobil karena oli dapat memberikan perlindungan bagi mesin. Jangan sampai Anda telat dalam mengganti oli mobil tua, jika telat maka akan fatal akibatnya sebab akan membuat komponen-komponen di dalam mesin akan cepat aus. Alangkah lebih baik jika Anda menjadwal penggantian oli mesin setiap menempuh jarak 2.500 km. Selain itu jenis oli mesin juga harus diperhatikan pasalnya beda mobil beda juga tipe oli yang digunakan. Tidak semua mobil tua cocok dengan suatu tipe oli mesin, sesuaikan saja dengan spesifikasi mesin.

2. Pastikan selalu kaki-kaki mobil dalam keadaan baik
Masalah yang kerap terjadi pada mobil tua yakni pada bagian kaki-kaki. Masalah tersebut pada umumnya ditandai dengan munculnya bunyi-bunyi yang sangat mengganggu dari bagian kaki-kaki. Maka dari itu sebelum masalah itu mucul, pastikan selalu bagian kaki-kaki dilakukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Untuk lebih mudahnya Anda bisa lakukan pelumasan pada bagian sambungan konponen yang menglami pergerakan.

3. Rawat cat mobil
Cat mobil termasuk bagian yang penting dari motor tua, karena hal ini berhubungan langsung dengan tampilan mobil kesayangan Anda. Bila terjadi kerusakan pada cat mobil tentu mobil juga akan terlihat kurang sedap dipandang mata. Misalnya lagi-lagi karena faktor usia membuat cat mobil akan pudar dengan sendirinya. Jika masalah itu terjadi pada mobil anda sebaiknya perlu dilakukan sedikit peremajaan pada mobil tua dengan mengecat ulang. Akan tetapi hasil pegecetan ulang pada tak semulus dan sebagus cat aslinya. Oleh karena itu usahakan pakai selalu penutup atau pelindung mobil pada saat diparkir.

4. Perhatikan sistem kelistrikan mobil
Semakin tua mobil Anda, semakin menurun pula kualitas dari kabel sistem elektrik mobil. Untuk itu Anda perlu memperhatikan komponen tersebut, jika terlihat ada kabel tidak dalam kondisi bagus baiknya sesegeralah ganti kabel teraebut. Hal ini juga bermanfaat untuk mengantisipasi terjadinya konsleting listrik yang memicu kebakaran.

5. Perhatikan ring piston.
Kurangnya memperhatikan ring piston juga dapat menimbulkan permasalahan pada mobil tua. Lakukanlah perawatan dan pemeriksaan secra berkala agar dapat menghindari mobik tiba-tiba mogok di perjalanan Anda.

Bila merawat mobil tua dengan baik tentu Anda sebagai pemilik juga akan nyaman memakai mobil tua kesayangan anda. Itulah tadi trik mudah merawat mobil tua yang dapat Trendotomotif.com bagikan, semoga artikel diatas dapat membantu Anda semua dalam merawat mobil tua.

1 Photos of the Trik Mudah Merawat Mobil Tua

Trik Mudah Merawat Mobil Tua