Trik Merawat Rantai Sepeda Motor

Trik Merawat Rantai Sepeda Motor

Trik Merawat Rantai Sepeda Motor – Sepeda motor merupakan sarana transportasi yang paling sering kita gunakan untuk aktifitas berpergian sehari-hari. Masalah yang kerap timbul ialah mengenai rantai sepeda motor, apalagi bagi kita yang tinggal di indonesia. Sering nya terjadi hujan yang mengakibatkan banjir itulah yang mendasari sebab terjadinya kerusakan rantai roda sepeda motor (drive chain). Tambah lagi potensi kerusakan utamanya terjadi bagi sepeda motor tidak menggunakan tutup rantai karena debu atau kotoran bisa langsung menempel pada rantai. Kerusakan itu misalnya rantai cepat kendur, timbul suara berisik, pin rusak, bahkan putus. Bayangkan saja jika masalah itu terjadi pada anda, bila dijalan rantai sepeda motor anda putus terpaksanya perjalanan anda dapat terganggu. Nah untuk mengantisipasi kejadian itu maka anda perlu merawat rantai roda sepeda motor tersebut, berikut ini Trendotomotif.com berikan tips supaya rantai roda bisa bertahan lama :

1. Setel rantai secara teratur

setel rantai secara bekala

Penyetelan rantai secara teratur

Dalam hal ini penyetelan rantai bukan hanya untuk mengencangkan dan mengendurkan rantai roda saja, akan tetapi juga harus membetulkan posisi pengunci pin sambungannya serta membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Idealnya penyetelan rantai dilakukan setiap 1.000 kilometer dan untuk tingkat ketegangan rantai sebaiknya Anda samakan dengan kekencangan rantai yang dinjurkan oleh produsen motor Anda. Ukuran itu dapat Anda ketahui dengan cara melihat stiker yang biasanya ditempel pada tutup rantai.

Umumnya ketika motor dikendarai dengan kecepatan tinggi dan melewati jalan yang bergelombang dapat menyebabkan pin menjadi berubah dari posisinya. Untuk itu Anda perlu mengecek ulang pin sambunganya dengan membetulkan pada posisinya suaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti rantai putus. Perhatikan juga girnya apakah masih cukup bagus, jika tidak maka secepatnya gantilah gir tersebut.

2. Bersihkan dari kotoran

besikan rantai roda

Pembersihan rantai roda

Kebanyakan motor keluaran terbaru kini tidak menggunakan penutup rantai penuh seperti sepeda motor lawas,melainkan hanya terdapat tutup rantai untuk melindungi bodi sepeda motor dari percikan pelumas rantai roda. Tanpa disadari hal itu justru membuat rantai mudah tertempel kotoran baik debu, lumpur maupun serpihan benda lain. Jika dibiarkan terus menerus maka kotoran tersebut dapat menyebabkan rantai kering, berkarat, dan cepat aus.

Oleh karena itu anda perlu rajin-rajin untuk membersihkan rantai motor anda secara berkala. Misalnya lakukanlah pembersihan setiap tiga bulan sekali atau lebih baik lagi setiap bulan dibersihkan. Setiap membersihkan kotoran sebaiknya juga perlu mengganti pelumasnya dengan yang baru.

3. Atur ketepatan jarak antara rantai dan tutupnya

Atur jarak antara rantai dan tutupnya

Atur ketepatan jarak antara rantai dan tutupnya

Bagi anda anda yang menggunakan tutup rantai secara penuh, sebaiknya Anda perlu memastikan kembali jarak keduanya apakah sudah benar-benar tidak ada gesekan. Jika terjadi gesekan dapat menyebabkan rantai maupun penutupnya akan cepat rusak.

Yang lebih parah lagi jika terkena gesekan maka rantai Anda juga bisa putus ketika sepeda motor dikendarai. Tambah lagi hal tersebut juga dapat membahayakan pengendaranya, misalnya ketika anda mengendarai motor dengan kecepatan penuh di tengah jalan tiba-tiba rantainya putus. Andapun dapat kehilangan keseimbangan dan bisa juga mengakibatkan anda terjatuh dari motor.

4. Melumasi rantai

lakukan pelumasan rantai

Selalu lakukan pelumasan rantai

Sebenarnya pabrikan rantai telah merancang rantai untuk tidak diberi pelumasan sejauh umur penggunaan rantai. Hanya saja karena faktor lingkungan membuat rantai roda perlu adanya dilakukan pelumasan. Namun pada umumnya orang sering memberi pelumasan dengan oli bekas atau menggunakan oli mesin, padahal cara itu sebenarnya salah. Jika melumasi rantai dengan oli mesin hanya akan terbuang sia-sia karena oli akan menyiprat kemana-mana ketika sepeda motor dikendarai. Terutama pada saat musim hujan, pelumasan oli juga akan berkurang karena oli tersebut bisa bercampur dengan air hujan yang bersifat asam. Maka dari itu pelumasan rantai sebaiknya Anda gunakan grase atau gemuk saja.

5. Cara pelumasan

Cara pelumasan juga harus diperhatikan, walaupun sudah menggunakan pelumas grease namun cara melumasinya hanya mengoles-oleskan krem kental itu di permukaan rantai saja juga kurang efektif. Karena sama saja krem itu juga akan menyiprat kemana-mana seperti halnya yang sudah kita bahas sebelumnya. Untuk itu perlu adanya resep khusus dalam melumasi rantai roda supaya efektif dan benar-benar membuat rantai tahan lama. Berikut ini Trendotomotif.com memberikan juga caranya untuk melumasi rantai roda:

  • Pertama, rebuslah air dan masukkan greasenya kedalam air tersebut dengan wadah tersendiri sampai grease benar-benar mendidih atau grease mencair. Cara ini bertujuan agar grease dapat masuk kedalam celah-celah tersempit yang sulit dijangkau pada saat pelumasan rantai roda.
  • Selanjutnya Anda hanya tinggal merendam rantai di cairan gemuk yang sudah mencair tadi. Lakukan langkah ini sampai cairan grease membeku kembali seperti pada saat sebelum di rebus.
  • Terakhir pastikan lagi bahwa cairan grease sudah kering dan menempel pada rantai roda. Kemudian pasang kembali rantai roda pada Sprocketnya.

Itulah tadi ulasan mengenai Trik Merawat Rantai Sepeda Motor, Intinya selain merawat rantai dapat membuat rantai tahan lama, hal tesebut juga membuat anda lebih aman ketika berekendara. Terimakasih sudah berkunjung di Trendotomotif.com, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi Anda semua.

4 Photos of the Trik Merawat Rantai Sepeda Motor

Trik Merawat Rantai Sepeda MotorTrik Merawat Rantai Sepeda MotorTrik Merawat Rantai Sepeda MotorTrik Merawat Rantai Sepeda Motor