Trik Menjaga Dan Merawat Ban Kendaraan Bermotor

Trik Menjaga Dan Merawat Ban Kendaraan Bermotor

Trik Menjaga Dan Merawat Ban Kendaraan Bermotor – Ban merupakan bagian penting dari kendaraan  bermotor dalam peranannya menentukan keselamatan pengendara kendaraan bermotor. Sehubungan dengan hal tersebut maka sangat disarankan untuk dilakukan adanya pengentahuan tentang perawatan dan bagaimana menjaga ban secara baik agar mendapatkan manfaat yang baik pula. Selain mendapatkan manfaat dari segi keamanan menjaga dan merawat ban kendaraan bermotor pastinya juga dapat menghemat anggaran karena membuat umur dari pemakaian ban lebih lama serta memberi kenyamanan pada pengendara kendaraan bermotor tersebut.

Trik Menjaga Dan Merawat Ban

Trik Menjaga Dan Merawat Ban Kendaraan Bermotor

Namun bagi Anda yang masih belum tahu mengenai cara menjaga dan merawatan ban kendaraan bermotor, berikut ini Trendotomotif.com berikan trik untuk menjaga dan merawat ban kendaraan bermotor.

Trik Menjaga Dan Merawat Ban Kendaraan Bermotor

Membersihkan benda asing yang menempel di ban

Membersihkan benda asing yang menempel di sela-sela ban

1. Periksa selalu kondisi ban

Dalam hal ini yang dimaksut memeriksaan kondisi ban yakni meliputi pengecekan fisiknya apakah ada benda-benda asing yang menempel di bodi ban, apakah ada sobekan atau retakan pada ban. Sebaiknya lakukanlah pemeriksaan ban setiap dua minggu sekali termasuk juga ban serepnya. Jika kondisi ban sudah layak digunakan atau terdapat kerusakan ada baiknya sesegeralah mengganti ban tersebut dengan yang baru.

2. Hindari tindakan yang dapat merusak ban

Salah satu penyebab  dari kerusakan ban ialah menggunakan ban tidak sebagaimana mestinya misalkan sepeti menabak trotoar jalan, melewati lubang dijalan dengan kecepatan tinggi dan lain sebagainya. Untuk itu hindarilah tindakan-tindakan seperti diatas karena dapat merusak ban kendaraan bermotor.

3. Periksalah ban jika rusak tanpa sepengetahuan si pengemudi

Jika ban kendaraan bermotor Anda terlihat baik namun Anda merasakan atau mencurigai kerusakan tehadap ban kendaraan bemotor tersebut, maka sebaiknya Anda jangan terus mengabaikan hal tersebut karena tak jarang pula sebuah ban bisa rusak tanpa sepengetahuan si pengemudi. Solusinya adalah dengan cara membawa kendaraan Anda ketempat profesional servis ban untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4. Hindari pemaksaan penggunaan ban

Pemaksaan ban yaitu dapat meliputi pemaksaan ban dalam hal kecepatan maupun pemaksaan muatan ban. Hal tersebut juga dapat berdampak fatal bagi ban kendaraan sepeda motor bahkan dapat menyebabkan ban menjadi pecah dan tidak dapat diperbaiki.

Memeriksa tekanan ban kendaraan bermotor

Memeriksa tekanan ban

5. Pemeriksaan tekanan angin

Pemeriksaan tekanan angin merupakan langkah yang paling penting dalam perawatan ban. Tekanan ban dapat berperan penting pada setiap ban kendaraan bermotor dalam memberi keselamatan pengguna nya. Ban yang mempunyai tekanan angin yang kurang atau kempis dapat menyebabkan kemampuan ban untuk mencengkram jalanan  berkurang sehingga kendaraan bermotor akan terasa tidak nyaman bahkan bisa terjadi keolengan. Untuk itu periksalah tekanan ban secara berkala pada kondisi ban dingin, namun Anda juga harus menyesuaikan tekanan ban sesuai tekanan ban yang dianjurkan oleh produsen ban tersebut.

6. Periksa ketebalan ban

Langkah terakhir dalam menjaga dan merawat ban kendaraan bermotor ialah dengan memeriksa ketebalan dari ban tersebut. Caranya adalah dengan mengukur kedalaman alur pada telapak ban, secara hukum sudah ditetapkan bahwa alur telapak ban minimal harus berkedalaman 1,6 mm.

Itulah tadi trik menjaga dan merawat ban kendaraan bermotor yang dapat Trendotomotif.com bagikan. Semoga trik diatas dapat bermanfaat untuk memperpanjang umur ban kendaraan anda serta dapat menambah keamanan dalam berkendara. Terimakasih dan tetaplah menjadi pelopor berkendara yang baik.

3 Photos of the Trik Menjaga Dan Merawat Ban Kendaraan Bermotor

Trik Menjaga Dan Merawat Ban Kendaraan BermotorTrik Menjaga Dan Merawat Ban Kendaraan BermotorTrik Menjaga Dan Merawat Ban Kendaraan Bermotor