Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil

Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil

Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil – Pada umumnya kebanyakan pengguna kendaraan bermotor pastinya menginginkan keiritan dalam penggunaan bahan bakar minyak. Tambah lagi kini bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor masih dirasa cukup mahal bagi masyarakat golongan menengah kebawah. Berawal dari hal tersebut maka kita harus menjadi orang yang bijak dalam menggunakan bahan bakar minyak tersebut. Selain dapat menghemat anggaran biaya, menghemat bbm juga dapat bermanfaat untuk membatu mencegah terjadinya pemanasan global.

Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil

Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil

Jika dihitung-hitung bbm yang kita gunakan saat ini memang tidaklah seberapa, namun jika dihitung secara jangka panjang sekitar 10 tahun atau lebih mungkin kita akan kaget dengan angka penggunaan bbm selama itu. Cara terbaik untuk menghemat konsumsi bahan bakar yaitu dengan cara mengemudikan kendaraan bermotor secara eco driving. Nah bagi anda yang belum tahu tentang bagaimana mengemudi secara eco driving, berikut ini Trendotomotif.com berikan langkah-langkahnya :

Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil

1. Jangan memanaskan mobil terlalu lama

Jangan memanaskan mobil lama lama

Jangan memanaskan mobil terlalu lama

Langkah pertama yang perlu dilakudan dapam penghematan bbm yaitu diawali dari kebiasaan orang memanaskan mobil. Kebanyakan masyarakat umum masih menganggap bahwa memanaskan mobil dengan waktu lama dapat membuat mobil enak dikendarai. Namun sebenarnya anggapan itu salah sebab sekarang mobil-mobil yang dipasarkan itu sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti teknologi injeksi sehingga tidak perlu lama-lama memanaskan mobil tersebut untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna, cukup satu menit memanaskan mesin mobil injeksi sudah bisa jalan.

2. Akselerasi

akselerasi

Pertimbangkan akselerasi

Selanjutnya untuk akselerasi, Anda jangan terus terusan memainkan pedal gas dan memacu dengan kecepatan tinggi. Pastinya hal ini juga dapat menjadi faktor penyebab dari borosnya penggunaan bbm. Alangkah baiknya jika melakukan akselerasi tekanlah pedal gas secara perlahan-lahan/halus. Sedangkan jika Anda ingin mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi, pastikan posisi gigi percepatan sudah berada di tingkat yang tinggi, karena pada posisi gigi percepatan di tingkat yang tertinggi mobil dapat dipacu lebih tinggi namun dengan Rpm rendah

3. Pergantian posisi gigi kecepatan

Gantilah gigi di saat Rpm rendah

Gantilah gigi sesegera mungkin di saat Rpm rendah

Untuk penggantian posisi gigi percepatan sebaiknya gantilah gigi sesegera mungkin di saat Rpm rendah, ini merupakan salah satu langkah yang disarankan dalam berkendara secara eco driving. Sementara itu untuk mesin diesel dengan torsi yang lebih tinggi, percepatan bisa langsung ditingkatkan pada Rpm 1.000-2.000. Sedangkan untuk mesin bensin di kisaran Rpm 2.000-3.000 sudah bisa ganti gigi.

4. Jaga kecepatan dan jarak aman

Jaga kecepatan dan jarak

Jaga kecepatan dan jarak aman

Hal yang juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar ialah cara pengereman. Dengan menekan pedal rem secara tiba-tiba akan memyebabkan mesin lebih banyak menyedot bahan bakar. Cara terbaik mengatasinya yaitu dengan cara menjaga pandangan jauh kedepan agar tidak melakukan pengereman mendadak sehingga dapat mengerem secara halus. Selain itu menjaga kecepatan mobil agar tidak terlalu tinggi merupakan hal yang disarankan dalam berkendara secara eco driving. Tekniknya untuk menjaga kecepatan laju kendaraan yaitu dengan mengikuti alur kondisi lalu lintas. Namun anda juga harus menentukan jarak aman antar kendaraan karena jika jarak aman itu tidak diperhatikan dan tiba-tiba di depan ada objek yang menghalang, mobil pastinya akan mengerem mendadak dan menyedot banyak bahan bakar.

5. Manfaatkan medan yang dilalui

Manfaatkan medan yang

Manfaatkan medan yang dilalui

Yang dimaksut memanfaatkan medan yakni adalah memanfaatkan momentum disetiap tikungan, tanjakan, serta turunan untuk menghemat bahan bakar. Jika akan menghadapi tikungan lakukanlah pengurangan kecepatan selanjutnya lakukan trik dengan hanya melepas pedal gas saja sebab dengan melepas pedal gas pastinya mobil tersebut akan berjalan dengan sendirinya. Jika ingin menambah kecepatan, lakukan setelah badan mobil sudah benar-benar melewati tikungan itu. Di medan tanjakan, penurunan percepatan harus dilakukan pada saat yang tepat. Lakukan ancang-ancang terlebih dahulu sebelum melewati tanjakan. Sedangkan di turunan, jangan terlalu banyak menggunakan rem. Sebaiknya lakukan pengurangan kecepatan dengan teknik engine brake. Kuncinya adalah jika melewati tanjakan lakukan ancang-ancang jangan terlambat pindah gigi. Kalau turunan jangan banyak memakai rem melainkan dengan engine brake.

Itulah tadi beberapa langkah mengemudi secara eco driving dan tentunya dapat menghemat konsumsi bahan bakar mobil Anda. Sekian dulu trik menghemat konsumsi bahan bakar mobil yang dapat Trendotomotif.com sajikan, semoga artikel diatas dapat membantu Anda semua untuk menghemat bahan bakar mobil pribadi Anda.

6 Photos of the Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil

Trik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar MobilTrik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar MobilTrik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar MobilTrik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar MobilTrik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar MobilTrik Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil
Tren Recall Mobil Melambung, Apa Sebabnya?
Gambar Wallpaper Mobil Sport Lamborghini Hitam Putih
Gambar Wallpaper Mobil Sport Lamborghini Hitam Putih
Gambar Modifikasi Motor Vespa yang Keren
Gambar Modifikasi Motor Vespa yang Keren