Trik Dan Tips Merawat Sepeda Motor

Trik Dan Tips Merawat Sepeda Motor

Trik Dan Tips Merawat Sepeda Motor РKendaraan sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak mendominasi jalan raya khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan yang notabene mempunyai tingkat kepadatan kendaraan tinggi. Menggunakan sepeda motor adalah langkah yang terbaik  dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut karena dengan bodi yang praktis dan fleksibel membuat sepeda motor mudah digunakan untuk membelah kepadatan kendaraan di perkotaan. Selain itu harga sepeda motor juga relatif murah dibanding dengan harga mobil sehingga membuat sepeda motor semakin diminati masyarakat.

Trik Dan Tips Merawat Motor

Trik Dan Tips Merawat Sepeda Motor

Dengan kemajuan teknologi yang di suguhkan oleh berbagai produsen sepeda motor menjadikan sepeda motor semakin asyik digunakan untuk aktifitas sehari-hari, bahkan tak jarang pula oleh sebagian orang menggunakan motor untuk transportasi antar provinsi. Coba saja anda lihat sekarang sudah cukup banyak sepeda motor berkapasitas mesin tinggi dan kemajuan teknologi mesin menggunakan sistem pendinginan menggunakan water cooler. Namun terkadang seseorang sering lalai atau kurang memperhatikan untuk melakukan perawaran sepeda motornya karena kesibukan. Padahal dengan melakukan perawatan secara rutin dapat menghindarkan pemiliknya umtuk mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memperbaiki motornya. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam merawat sepeda motor, adapun caranya sebagai berikut :

Trik Dan Tips Merawat Sepeda Motor

1. Pengecekan kondisi aki

Pengecekan kondisi aki motor

Pengecekan kondisi aki

Aki merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam kendaraan bermotor. Apalagi pada motor matic yang paling sering menggunakan starter elektrik untuk menghidupkan mesinnya. Jika Aki dibiarkan rusak bukan hanya susah dalam menghidupkan sepeda motor, hal ini juga dapat menyebabkan komponen lain mengalami kerusakan misalnya CDI. Pada dasarnya jenis aki dibedakan menjadi 2 yakni aki kering dan basah. Cara perawatannya juga berbeda, untuk aki kering memang bebas dari perawatan, namun untuk aki basah Anda harus rajin untuk memeriksa air akinya apakah masih penuh. Sebab jika sampai kering dapat menyebabkan sel-sel yang terdapat dalam aki menjadi cepat rusak. Apabila aki sudah tidak dapat digunakan, sebaiknya segeralah mengganti aki tersebut untuk menghindari korosi yang ditimbulkan oleh aki Anda.

2. Pengecekan kondisi oli

Ganti oli secara rutin setiap 2000 km

Gantilah oli secara rutin setiap 2000 km

Oli juga merupakan komponen penting yang dibutuhkan mesin sepeda motor agar berjalan dengan baik. Fungsi utamannya yaitu untuk melumasi komponen-komponen yang ada di dalam mesin sepeda motor. Untuk itu Anda jangan lalai inttuk mengecek kondisi dari oli mesin tersebut. Jika oli berkurang melebihi batas yang dianjurkan atau sudah berwarna hitam kental sehingga daya licinnya berkurang sebaiknya lakukanlah penggantian terlebih dahulu. Apabila tidak diganti akan menyebabkan kemungkinan terburuknya mesim motor akan rusak. Untuk penggantiannya alangkah lebih baik dilakukan penggantian setiap 2000 kilo meter agar kondisi motor tetap prima.

3. Cek keadaan Rantai dan Gir

setel rantai secara bekala

Penyetelan rantai secara teratur

Untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang atau menggerakkan sepeda motor, sebuah sepeda motor perlu adanya komponen khusus yaitu rantai dan gir. Untuk itu agar tenaga dari mesin menuju roda belakang dapat berjalan dengan sempurna sebaiknya lakukanlah perawatan secara berkala pada komponen tersebut. Perawatan tersebut meliputi pengecekan kekencangan dari rantai, tidak terlalu kendor dan tidak terlalu kencang. Jika rantai terlalu kencang dapat menyebabkan rantai terputs sedangkan jika terlalu kendor maka akan mudah terlepas. Selain itu jika kondisi gir juga sudah tajam alangkah baiknya lakukanlah penggantian pada komponen tersebut.

4. Panaskan mesin sebelum digunakan

Panaskan mesin

Panaskan mesin sebelum digunakan

Pemanasan mesin juga menjadi hal yang berperan penting dalam keawetan mesin sepeda motor sebab dengan melakukan pemanasan mesin minimal 3-4 menit dapat berguna untuk melumasi komponen-komponen di dalam mesin dengan oli sebelum motor digunakan untuk beraktifitas. Namun Anda juga jangan memanaskan motor secara berlebihan karena hal tersebut justru akan membuat bahan bakar akan habis dengan percuma dan membuat knalpot menjadi berwarna kekuning-kuningan.  Lebih baik lagi jika Anda mengayuhkan kick starter sekitar 5 kali namun kunci masih dalam keadaan off, hal ini juga digunakan dalam rangka perawatan mesin agar mesin tetap awet.

5. Periksa selalu tekanan angin dan kondisi ban

Periksa selalu tekanan angin

Periksa selalu tekanan angin dan kondisi ban

Pemeriksaan ban bukan hanya untuk menjaga keawetan dan kenyamanan pengendara akan tetapi juga bermanfaat bagi keselamatan pengendara motor tersebut. Jangan biarkan ban sepeda motor digunakan pada kondisi kurang tekanan anginnya sebab ban sepeda motor akan mudah bocor. Apalagi jika Anda hendak melakukan perjalanan jauh, pemeriksaan ban merupakan langkah yang terpenting agar anda terhindar dari kejadian yang tidak di inginkan yang disebabkan oleh rusaknya ban sepeda motor.

6. Selalu gunakan sparepart asli

Selalu gunakan sparepart asli motor

Selalu gunakan sparepart asli

Jangan tergiur dengan sparepart imitasi dengan harga murah sebab kebanyakan sparepat yang dijual di pasaran dengan harga murah tidak terjamin dari segi kualitasnya. Memang harga sparepart asli akan relatif lebih mahal, namun mengingat kualitasnya yang bagus, lebih tahan lama, serta tidak akan merusak komponen kendaraan yang lain bila dipakai sepertinya dengan harga mahal tersebut bukanlah masalah. Untuk itu gunakalah sparepart asli ketika dilakukan penggantian komponen sepeda motor.

7. Servis kendaraan secara rutin

Servis kendaraan bermotor secara rutin

Servis kendaraan secara rutin

Servis sangat penting untuk perawatan mesin. Disini mesin akan dibersihkan dari kotoran dan debu yang menempel dan dapat mengganggu kendaraan bermotor. Minimal bawalah sepeda motor anda ke bengkel servis motor setiap 2 bulan sekali untuk melakukan perawatan agar mesin motor selalu bersih dan makin nyaman untuk digunakan beraktifitas.

8. Membersihkan motor

Membersihkan sepeda motor

Selalu bersihkan motor

Langkah terakhir ini juga tak kalah pentingnya. Dengan menjaga kebersihan dari motor akan menciptakan kenyamanan ketika berkendara serta membuat motor akan terasa indah dipandang mata. Paling tidak sempatkanlah untuk mengelap sepeda motor selaki sehari sebelum dipakai agar anda selalu trendy dan percaya diri untuk mengoprasionalkan si Kuda Besi. Selain itu jangan lupa mandikan juga sepeda motornya untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada sepeda motor.

Itulah tadi trik dan tips merawat sepeda motor, mudah bukan? Sebenarnya Anda hanya cukup meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawaan kepada teman yang sselalu mengantarkan kita melakukan aktifitas sehari-hari ini. Terimakasih sudah membaca artikel dari Trendotomotif.com, semoga artikel tersebut dapat membuat sepeda motor anda semakin tahan lama dan juga nyaman dikendarai.

8 Photos of the Trik Dan Tips Merawat Sepeda Motor

Trik Dan Tips Merawat Sepeda MotorTrik Dan Tips Merawat Sepeda MotorTrik Dan Tips Merawat Sepeda MotorTrik Dan Tips Merawat Sepeda MotorTrik Dan Tips Merawat Sepeda MotorTrik Dan Tips Merawat Sepeda MotorTrik Dan Tips Merawat Sepeda MotorTrik Dan Tips Merawat Sepeda Motor
Dalam Sehari, Ayla Terjual Ratusan Unit
Tips Aman Berkendara Di Musim Penghujan
Tips Aman Berkendara Di Musim Penghujan
Tips Mengganti Knalpot Racing Pada Mobil
Tips Mengganti Knalpot Racing Pada Mobil