Tips Modifikasi KLX 150 Enduro Adventure

Tips Modifikasi KLX 150 Enduro Adventure

Tips Modifikasi KLX 150 Enduro Adventure – Siapa yang tidak tahu tentang motor Kawasaki KLX 150? Ya memang motor yang satu ini banyak diminati di pasaran terlebih lagi para pecinta offroad adventure. KLX 150 dikenal sebagai motor multi purpose yang bisa digunakan pada segala medan. Dari segi desain motor ini memiliki tampilan yang sangat keren dengan striping yang simpel.

Modifikasi KLX 150

Modifikasi KLX 150

Bobotnya yang ringan dan akselerasi yang responsif membuat motor ini sangat nyaman untuk digunakan bermanufer sehari-hari. Tak hanya itu KLX 150 juga mumpuni untuk digunakan untuk offroad adventure bahkan di berapa gelaran trail enduro pun motor ini cukup mendominasi. KLX 150 dibekali dengan mesin satu silinder berteknologi SOHC serta memiliki kapasitas mesin 150cc. Selain itu disematkan juga karburator keihin dengan tipe NCv254 dan knalpot catalityc converter yang telah tersertifikasi emisi euro3.

Tips modifikasi KLX 150

Tips modifikasi KLX 150

Meskipun dari awalnya motor KLX 150 sudah didesain untuk melewati berbagai medan, namun bila digunakan untuk enduro adventure tampaknya motor ini masih belum memiliki performa yang maksimal. Namanya juga motor bawaan pabrik, tentu masih serba terbatas performanya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menggunakan motor Kawasaki KLX 150 untuk enduro adventure maka Anda perlu memodifikasi motor tersebut agar performanya semakin maksimal. Sehingga motor akan lebih tangguh bila diajak melibas rute berbatu, jalanan pegunungan maupun blusukan atau trabas di kawasan hutan.

Contoh modifikasi KLX 150

Contoh modifikasi KLX 150

Lalu bagaimanakah cara memodifikasinya? Berikut ini Trendotomotif berikan beberapa tips dan trik modifikasi KLX 150 supaya performa motor kesayangan Anda makin maksimal untuk enduro adventure.

Mesin

Banyak para pengendara KLX 150 mengeluhkan tenaga mesin yang kurang maksimal. Maka solusi yang paling jitu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan bore up cylinder. Beragam merek paket bore up dapat Anda temukan dengan mudah dipasaran seperti merek CLD, Moto 1, KTC, TDR hingga Kawahara. Adapun paket bore up tersebut sudah tersedia satu set lengkap yang terdiri blok lengkap dengan piston, pin, ring dan packing.

Paket bore up KLX 150

Paket bore up KLX 150

Dari semua merek pilihan paket bore up tersebut kesemuanya menawarkan piston dengan diameter 63 mm akan tetapi untuk piston dari Kawahara ada sedikit perbedaan yakni menggunakan piston model jenong sehingga mampu mendongkrak kompresi. Paket bore up berdiameter piston 63 mm jika dipadukan dengan stroke 64,4 mm akan menghasilkan kapasitas ruang bakar sebesar 169,5 cc atau 170 cc bila dibulatkan.

pemasangannya pun cukup mudah tiggal plug and play, namun untuk piston model jenong Anda perlu membubut headnya untuk menyesuaikan squisnya. Untuk harganya satu set paket bore up dipasarkan mulai dari harga Rp 750 ribu sampai Rp 900 ribuan.

Knalpot

Setelah bore up cylinder langkah selanjutnya yakni mengganti knalpot asli KLX 150 dengan knalpot after market. Dengan memasang knalpot after market akan membuat tarikan gas lebih lepas dan bertenaga pada putaran bawah. Merek dan jenis knalpot after market tersedia beragam dipasaran, Anda tinggal menyesuaikan dengan budged yang Anda miliki.

Mengganti knalpot bawaan KLX 150

Mengganti knalpot bawaan KLX 150

Tips Modifikasi KLX 150 Enduro Adventure

Karburator

Karena karburator bawaan KLX 150 menggunakan jenis vakum, maka sebaiknya Anda perlu mengganti karburator bawaan dengan karburator tipe skep langsung seperti PWK 28 atau PE 28. Penggantian ini dimaksutkan agar suplai bahan bakar lebih besar sehingga membuat lebih bertenaga dan terasa sekali pengaruhnya di saat melawati tanjakan yang tajam. Penggantian karburator akan lebih maksimal bila disertai dengan penggantian gas spontan.

Aplikasi karburator PE 28 untuk KLX 150

Aplikasi karburator PE 28 untuk KLX 150

Pengapian

Untuk sektor pengapian Anda perlu menggantinya dengan CDI after market. Dengan mengganti CDI akan menghasilkan pengapian yang lebih maksimal serta dapat mengimbangi ubahan pada mesin. Anda dapat mengaplikasikan CDI merek BRT atau Kawahara. Namun kami lebih menyarankan mengganti CDI BRT Dual Band karena selain memiliki performa yang baik, harganya juga cukup terjangkau.

CDI BRT Dual Band KLX 150

CDI BRT Dual Band KLX 150

Kopling

Untuk mensiasati kopling standar KLX tidak mudah aus atau selip maka Anda perlu mengaplikasikan per kopling after market yang lebih keras. Atau Anda juga bisa memasang per kopling asli bawaan Ninja 150R karena memiliki ukuran yang sama dan lebih keras dibanding bawaan KLX 150. Selain itu kalau ingin lebih murah, ganjel per dengan ring yang tebalnya 2mm dan berdiameter sama dengan perkopling bawaannya.

Ganti per kopling standar KLX 150

Ganti per kopling standar KLX 150

Kaki-kaki

KLX 150 memiliki roda standar berdiameter 19 inci pada bagian depan sedangkan yang belakang 16 inci. Ukuran roda tersebut masih dirasa kurang pas bila melewati jalan yang terjal dan berlubang. Agar lebih aman Anda dapat menggantinya dengan roda berdiameter depan 21 inci dan belakang 18 inci. Jangan lupa pasang juga stoper pada kedua ban supaya ketika menemui trek basah dan tekanan angin pada ban harus dikurangi, ban dalam tidak ikut berputar dan mengakibatkan ban dalam sobek. Akan lebih baik lagi bila Anda mengubah sok depan dengan jenis Upside Down.

Ubah diameter roda depan dan bekalang

Ubah diameter roda depan dan bekalang

Stang kemudi

Gantilah stang bawaan dengan produk after market seperti stang Renthal. Stang after market umumnya memiliki dimensi yang lebih panjang, hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda untuk mengendalikan motor KLX 150.

Pasang stang after market

Pasang stang after market

Sprocket/gear set

Langkah terakhir dalam modifikasi KLX 150 adalah dengan mengganti sproket standar dengan ukuran yang lebih besar untuk bagian belakan dan mengecilkan bagian depan. Umumnya para pecinta enduro mengganti gear belakan dengan ukuran 50 sampai 58, sedangkan untuk bagian depan ukuran 12 atau 13.

Rubah sproket asli KLX 150

Rubah sproket asli KLX 150

11 Photos of the Tips Modifikasi KLX 150 Enduro Adventure

Tips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro AdventureTips Modifikasi KLX 150 Enduro Adventure