Tips Merawat Ban Mobil Kesayangan Anda

Tips Merawat Ban Mobil Kesayangan Anda

Tips Merawat Ban Mobil Kesayangan Anda – Ban merupakan satu-satunya komponen dari sebuah kendaran yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan. Ban akan meneruskan tenaga dari mesin sehingga kendaraan dapat berjalan. Tak hanya itu, ban juga memliki peranan yang sangat penting bagi sebuah kendaraan karena ban dapat menjadi salah satu faktor penentu keselamatan disaat berkendara.

Coba bayangkan saja ketika Anda mengendarai mobil kemudian salah satu dari ban mobil Anda mengalami masalah maka apa yang terjadi? Tentunya ini akan membuat mobil terasa tidak nyaman bahkan akan membahayakan nyawa Anda.

Tips merawat ban mobil

Tips merawat ban mobil

Untuk mencegah hal itu maka perlu adanya perawatan bagi ban mobil Anda. Namun sebagian orang masih kurang memperhatikan dan merawat ban mobil, justru lebih mementingkan tampilan mobil mereka agar terlihat menarik, padahal hal itu salah.

Meski terlihat sepele, merawat ban memiliki banyak manfaat, setidaknya dengan merawat ban mobil Anda juga memastikan bahwa mobil Anda dalam kondisi baik sebelum berkendara.

Merawat ban mobil akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Oleh karena itu Anda perlu rajin-rajin untuk merawat ban Anda. Berikut ini Trendotomotif.com berikan tips merawat ban yang dapat Anda lakukan.

Tips Merawat Ban Mobil Kesayangan Anda

Periksa tekanan ban

Mengendarai mobil dalam kondisi ban kempis akan menyebabkan mobil terasa tidak stabil atau oleng. Maka sebaiknya Anda lakukaan pengecekan tekanan angin pada ban secara rutin, sedikitnya dapat Anda lakukan setiap sebulan sekali.

Pemeriksaan tekanan ban

Pemeriksaan tekanan ban

Terutama setiap Anda akan melakukan perjalanan jauh, pengecekan tekanan angin ban merupakan hal yang wajib dilakukan. Untuk tekanan ban dapat Anda sesuaikan dengan buku panduan pemilik kendaraan.

Cek ketebalan ban

Mengecek ketebalan ban dapat dilakukan dengan mudah cukup dengan melihat kondisi ban, apakah sudah mulai terlihat aus atau belum. Selain itu bila ban sudah mulai aus maka akan terlihat simbol berbentuk segitiga atau tulisan TWI (Tread Wear Indicator) pada permukaan samping bagian atas ban.

Contoh Tread Wear Indicator

Contoh Tread Wear Indicator

Jika indikator tersebut sudah mulai terlihat itu tandanya Anda perlu mengganti ban mobil tersebut. Jangan menunda-nunda menganti ban jika ban sudah aus karena ban akan rawan pecah atau dapat mengakibatkan mobil tergelincir disaat kondisi jalan licin.

Lakukan balancing dan spooring

Pada umumnya mobil yang jarang melakukan balancing dan spooring akan timbul banyak permasalahan. Permasalahan yang sering terjadi jika Anda tidak melakukan balancing dan spooring adalah stir akan terasa bergetar jika memacu mobil dalam kecepatan tinggi atau ban akan aus tidak merata. Kondisi ini dapat terjadi karena posisi ban yang tidak seimbang sehingga menimbukan getaran.

Lakukan balancing dan spooring

Lakukan balancing dan spooring

Rotasi posisi ban

Meskipun sudah melakukan balancing dan spooring secara rutin, pada beberapa kasus terkadang ban mobil masih bisa aus secara tidak merata. Sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi pada ban mobil kesayangan Anda maka sebaiknya lakukan rotasi ban secara berkala.

Anjuran rotasi ban mobil

Anjuran rotasi ban mobil

Idealnya perotasian ban dapat dilakukan setiap 10.000 km. Dengan begitu ban akan memiliki umur pemakaian yang sama dan dapat aus secara merata.

Mengecek tutup pentil

Sebagian orang masih menganggap bahwa keberadaan tutup pentil yang terlihat kecil merupakan hal yang sepele padahal kebaradaannya memiliki fungsi yang cukup penting. Keberadaan tutup pentil dapat menjaga pentil ban dalam dari masuknya kotoran yang dapat menyebabkan ban kempis.

Pastikan tutup pentil terpasang dengan baik

Pastikan tutup pentil terpasang dengan baik

Selain itu terpasangnya tutup pentil dapat bermanfaat untuk mencegah keluarnya udara dari ban dan menjaga agar tekanan ban tetap stabil. Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang pastikan tutup pentil terpasang dengan benar pada ban dalam.

Perhatikan kondisi pelek

Pelek dan ban merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan sehingga ban tidak akan berguna tanpa adanya pelek. Mobil akan terasa nyaman bila pelek dan ban dapat berkerja dengan baik. Oleh karena hal tersebut tentu sudah seharusnya bila Anda juga memperhatikan kondisi pelek supaya kinerja ban dapat optimal.

Mengecek kondisi pelek

Mengecek kondisi pelek

Pastikan kondisi pelek dalam keadaan baik. Apabila pelek yang Anda gunakan terdapat keretakan, bengkok atau berkarat sebaiknya segeralah menggantinya dengan yang baru.

Perhatikan juga pemasangan ban supaya ban apat berputar dengan seimbang. Serta gunakanlah mobil sesuai dengan muatan yang dianjurkan pada petunjuk pemakaian kendaraan karena menggunakan mobil melebihi muatan hanya akan mempercepat keausan ban.

Lalui kondisi jalan yang bagus

Berhati-hati dalam melewati jalan berlubang

Berhati-hati dalam melewati jalan berlubang

Berhati-hatilah dalam memilih kondisi jalan yang akan dilalui. Mengendarai mobil pada permukaan jalan yang kasar akan menyebabkan ban cepat terkikis. Usahakan tidak melakukan manufer secara tiba-tiba jika melewati jalan yang berlubang supaya terhindar dari benturan dengan permukaan jalan pada samping ban.-Trendotomotif.com

8 Photos of the Tips Merawat Ban Mobil Kesayangan Anda

Tips Merawat Ban Mobil Kesayangan AndaTips Merawat Ban Mobil Kesayangan AndaTips Merawat Ban Mobil Kesayangan AndaTips Merawat Ban Mobil Kesayangan AndaTips Merawat Ban Mobil Kesayangan AndaTips Merawat Ban Mobil Kesayangan AndaTips Merawat Ban Mobil Kesayangan AndaTips Merawat Ban Mobil Kesayangan Anda