Tips Mencegah Tuas Rem Cakram Keras Saat Penggantian Kampas Baru

Tips Mencegah Tuas Rem Cakram Keras Saat Penggantian Kampas Baru

Trendotomotif.com – Ketika motor digunakan pada jalan perkotaan yang ramai tentu intensitas pengereman akan semakin tinggi. Hal ini membuat kampas rem cakram akan mudah aus dalam waktu singkat. Suhu minyak rem pun tak relatif tinggi berbeda saat motor digunakan untuk perjalanan jauh ke luar kota sehingga potensi berkurangnya minyak rem sangat jarang terjadi.

Kondisi ini akan berkaitan langsung saat penggantian kampas cakram baru karena umumnya tuas master rem akan menjadi keras berbeda dengan sebelum kampas rem diganti. Penyebabnya hanya karena minyak rem terlalu penuh pada reservoir master rem. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit tips untuk mencegah tuas rem cakram keras saat peggantian kampas baru.

Tips Mencegah Tuas Rem Cakram Keras Saat Penggantian Kampas Baru

Ketika memasang kampas cakram yang baru dengan pad yang masih tebal otomatis piston kaliper harus ditekan agar kampas rem dapat masuk dan terangkai pada caliper dan menyisakan speling untuk gerak bebas kampas rem. Secara tak langsung ketika menekan piston menyebabkan minyak rem juga tertekan alhasil minyak rem akan menuju reservoir melalui selang rem dan membuatnya memenuhi reservoir. Akibatnya reservoir akan penuh dengan minyak rem tanpa tersisa ruangan kosong. Kalaupun dipaksa untuk memasang kampas cakram yang baru bisa dipastikan minyak rem akan tumpah keluar dari resevoir. Bila dibiarkan lebih lanjut kondisi ini akan tambah fatal.Master rem

Cara mengatasi kondisi tersebut cukup mudah, hanya dengan mengurangi kapasitas minyak rem masalah tersebut dapat teratasi. Akan tetapi untuk mengurangi kapasitas minyak rem juga ada aturannya. Tidak perlu mengurangi terlalu banyak minyak rem, pastikan terdapat udara kosong pada bagian bawah karet tutup reservoir agar sirkulasi minyak rem tetap terjaga saat master rem berkerja. Untuk lebih tepatnya mengenai kapasitas minyak rem, Anda dapat melihat tanda lower dan upper pada reservoir, berikut dengan tanda strip sebagai penanda kapasitas ideal.

Jadi penyebab tuas rem cakram terasa keras saat penggantian kampas baru adalah karena minyak rem terlalu memenuhi reservoir dan untuk mengatasinya cukup mengurangi minyak tersebut. Bisa menggunakan alan penyedot atau dengan kain yang di celup-celupkan dan diperas.

2 Photos of the Tips Mencegah Tuas Rem Cakram Keras Saat Penggantian Kampas Baru

Tips Mencegah Tuas Rem Cakram Keras Saat Penggantian Kampas BaruTips Mencegah Tuas Rem Cakram Keras Saat Penggantian Kampas Baru