Tips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih Bertenaga

Tips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih Bertenaga

Tips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih Bertenaga – Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak pertama motor Yamaha Jupiter MX dipasarkan sudah memiliki peminat tersendiri. Dari awal Yamaha Jupiter MX sudah dibekali dengan mesin yang cukup mumpuni yakni sebesar 135 cc.

Dengan berbekal mesin yang bertenaga, Yamaha jupiter juga banyak digunakan pada ajang balap motor nasional. Seperti halnya pada ajang balap motor fun race yang belakang ini mulai banyak diminati sebagai alternatif para penghobi cornering. Penggunaan motor Yamaha Jupiter MX banyak mendominasi pada ajang ini.

Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih Bertenaga

Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih Bertenaga

Nah bagi Anda penghobi gelaran fun race yang menggunakan motor Yamaha Jupiter MX sebagai senjata utamanya, tentu performa motor yang bertenaga harus mutlak adanya. Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk membuat Yamaha Jupiter MX Anda lebih bertenaga.

Bore up

Standarnya motor Jupiter MX memiliki kapasitas mesin 135 cc. Sebenarnya kapasitas mesin sebesar itu sudah cukup mumpuni bila disandingan dengan motor bebek lainnya. Namun bila motor ini digunakan untuk kompetisi sekelas fun race tentu masih kurang bringas dari segi performa.

Nah salah satu yang paling berpengaruh untuk meningkatkan performa mesin adalah dengan meningkatkan kapasitas ruang bakar atau bore up silider. Untuk meninggkatkan ruang bakar Anda dapat memasang blok silinder dan piston kepunyaan Yamaha V-Ixion. Piston kepunyaan V-Ixion mempunyai diameter sebesar 57 mm, ini  akan menigkatkan kapasitas ruang bakar menjadi 149,8 cc.

Blok dan Piston asli yamaha V-Ixion

Blok dan Piston asli yamaha V-Ixion

Pemasangannya pun simple tinggal plug n play tanpa merubah diameter lubang silinder pada crankcase. Akan tetapi untuk mengakali piston bawaan vixion yang berbentuk cekung berkompresi rendah, Anda dapat memapas head sebesar 0,5 mm sehingga akan meningkatkan kompresi menjadi 11,6:1.

Melancarkan Suplay Bahan Bakar

Kapasitas mesin sudah dirubah namun tidak di ikuti dengan perubahan suplay bahan bakar, tentu ini akan menjadi hal percuma saja. Maka langkah selanjutnya Anda perlu memperbesar diameter klep yang diikuti dengan porting polish.

Porting polish Yamaha Jupiter MX

Porting polish Yamaha Jupiter MX

Untuk memperoleh hasil yang maksimal gunakan klep berdiameter in sebesar 22 mm dan ex 19 mm, gunakan produk klep dengan kualitas tinggi supaya klep tidak mudah putus. Sedangkan untuk noken as juga perlu dicustom untuk memperoleh tenaga pada putaran atas.

Ubah setingan noken as dengan durasi 280˚ serta buatlah dengan lift tinggi. Sementara itu untuk mencegah klep telat menutup yang menyebabkan bertabrakan dengan piston maka gantilah per klep yang lebih keras.

Tips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih Bertenaga

Ganti Kaburator

Karburator Keihin PE 28

Karburator Keihin PE 28

Karena Jupiter MX menggunkan karburator jenis vacum maka sebaiknnya Anda perlu mengganti karbu bawaan tersebut. Bila karburator tidak diganti maka hanya akan menghambat tenaga yang naik sehingga performa motor akan terasa kurang maksimal. Pemilihan jenis karburator juga perlu diperhatikan tidak boleh asal-asalan. Anda bisa memilih karburator dengan venturi besar seperti Keihin PE 28.

Setting Knalpot

Ketika suplay  bahan bakar sudah di tingkatkan maka kebutuhan pelepasan gas buang perlu di seting lebih spesifik. Menggunakan noken as dengan durasi tinggi namun masih menggunakan knalpot asli bawaan motor akan menyebabkan tenaga terhambat pada rpm tertentu.

Aplikasi knalpot racing pada Jupiter MX

Aplikasi knalpot racing pada Jupiter MX

Maka sebaiknya gantilah knalpot asli bawaan Jupiter MX dengan knalpot Aftermarket. Untuk mendapatkan performa yang maksimal, atur sudut leher knalpot yang sesuai dengan lubang porting exaust. Tak lupa diameter knalpot dan panjangnya juga harus disesuaikan.

Merubah Pengapian

Langkah terakhir Anda tinggal merubah pengapian CDI bawaan Yamaha Jupiter MX agar pembakaran lebih sempurna. Pada umumnya CDI bawaan motor terdapat limiter sehingga membuat mesin akan terasa terhenti pada putaran atas.

Maka untuk mengatasinya Anda perlu mengganti CDI bawaan dengan CDI aftermarket yang memiliki pengapian besar dan tidak terdapat limiter. Selain itu untuk meringankan beban mesin Anda bisa mempapas magnet yang mulanya mempunyai berat 2.350 gram dipangkas menjadi 750 gram.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda praktekkan untuk meningkatkan performa mesin Yamaha Jupiter MX kesayangan Anda. Selamat mencoba.-Trendotomotif.com

5 Photos of the Tips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih Bertenaga

Tips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih BertenagaTips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih BertenagaTips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih BertenagaTips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih BertenagaTips Membuat Mesin Yamaha Jupiter MX Lebih Bertenaga