Tips Aman Berkendara Di Musim Penghujan

Tips Aman Berkendara Di Musim Penghujan

Tips Aman Berkendara Di Musim Penghujan – Dalam kondisi jalan yang basah karena hujan, untuk jarak pengereman bisa dua kali lebih panjang dibandingkan pada saat kondisi kering, jika mobil yang melaju dengan kecepatan 80km/jam, maka pada saat pengereman hingga berhenti butuh jarak 53m pada kondisi jalan kering, dan akan naik dua kali lipat pada kondisi jalan basah jadi 106m. Berikut ini tips berkendara di musim penghujan.

tips aman berkendara dimusim penghujan

tips aman berkendara dimusim penghujan

Sebelum berkendara sebaiknya anda periksa tekanan ban mobil, ban yang kurang angin akan lebih cepat aus, menyebabkan ban kehilangan cengkraman pada saat jalan basah karena lapisan air, dan handling yang tidak terduga, juga periksa tapak ban, masih bagus atau sudah aus. Ban yang aus secara logika akan menambah jarak pengereman secara signifikan. Sebaiknya lakukan berkendara dengan Kecepatan rendah dan jaga jarak dengan mobil di depan, supaya tetap aman. Apabila kemudi mulai tidak responsif, ini adalah pertanda mungkin anda melaju terlalu cepat dalam kondisi tapak ban saat itu. Agar tetap dalam keadaan aman saat berkendara, sebaiknya lekas turunkan kecepatan. Sehingga laju kendaraan anda akan stabil. Juga memastikan pembersih kaca depan cukup baik dalam komdisi hujan. Karena semprotan air kotor dari mobil didepan akan mengotori kaca dan menggaggu daya pandang anda saat berkendara. Langkah berikutnya periksa kondusi mesin mobil, jika mesin tidak ada kendala berarti aman saat digunakan untuk berkendara dimusim hujan.

Untuk tetap aman saat berkendara dimusim hujan, sebaiknya selalu menggunakan sabuk pengaman dan selalu perhatikan setiap kondisi jalan. Karena memang pada saat musim hujan ini riskan terjadi kecelakaan. Maka kita dianjurkan untuk tetap waspada dalam berkendara dimusim hujan. Perhatikan juga pepohomam disekitar jalan, dikarenakan pohon bisa saja tumbang dengan sendirinya. Sudah banyak kejadian pohon yang tumbang dijalan oleh sebab itu kita yang berkendara mobil ataupun motor untuk tetap berhati hati. Itulah tadi tetantang seputar tips aman mengendarai mobil dimusim penghujan sepaya aman. Semoga dengan tips tadi dapat membantu anda untuk tetap berhati hati dalam berkendara dimusim penghujan. Terimakasih sudah berkunjumg di trendotomotif.com

1 Photos of the Tips Aman Berkendara Di Musim Penghujan

Tips Aman Berkendara Di Musim Penghujan