Pesona Klasik Motor BSA

Pesona Klasik Motor BSA

Pesona Klasik Motor BSA – Pada awalnya motor BSA (Birmingham Smal Arm) merupakan motor yang digunakan oleh pasukan perang Belanda. Zaman dahulu motor ini diproduksi oleh pabrikan motor yang berasal dari Birmingham Inggris. Motor yang banyak di buru para kolektor ini pertama kali masuk Indonesia dibawa oleh tentara belanda pada saat kalahnya jepang terhadap sekutu di perang dunia kedua. Saat itu tentara sekutu (NICA) yang dibonceng tentara Belanda masuk Indonesia dengan membawa seperangkat alat perang termasuk motor perangnya yakni Motor BSA. Kemudian setelah terjadinya perang dunia kedua dilakukan perundingan-perundingan dengan pemerintah, alhasil tentara NICA yang diboncengi Belanda pulang kenegara asalnya. Dengan kepulangan tentara-tentara asing ini tak turut serta motor BSA nya dibawa pulang, mereka meninggalkan BSA nya di indonesia. Ketika motor-motor itu ditinggalkan pemiliknya, motor BSA hanya menjadi barang rosokan yang hanya teronggok di gudang dan pinggir-pinggir jalan. Hal tersebut dikarenakan pada waktu itu di Indonesia tak ada yang menjual suku cadangnya dan minimnya teknisi yang mumpuni untuk memperbaiki Motor BSA tersebut.

Pada tahun 1958 orang dari Siantar Sumatra Utara berinisiatif berburu BSA di kota-besar di pulau Jawa tepatnya di kota Surabaya dan Jakarta untuk di hidupkan kembali. Berkat kreatifitas yang dimiliki orang indonesia, mereka berhasil membedah dan menghidupkan motor BSA. Sejak saat itu mulailah motor BSA di modif dan digunakan untuk becak di Siantar. Tak jarang pula dalam memperbaiki motor BSA mereka mengakali penggantian suku cadangnya dengan suku cadang motor Jepang. Bahkan lama kelamaan mereka sudah bisa menciptakan sendiri suku cadang dari karburator hingga velg untuk motor BSA nya. Kini jika Anda melihat motor tua BSA dengan pelek dan blok mesin terlihat kinclong maka Anda jangan merasa heran. Begitu pula dengan becak motor BSA pun tetap kokok berkendara di jalanan ibu kota siantar. Tehitung banyaknya varian BSA yang sejak diproduksi sekitar tahun 1919 hingga 1979, berikut saya bagikan gambar motor tua yang telah diproduksi Birmingham Smal Arm.

Tipe A

Tipe B

Tipe C

Tipe D

Tipe E

Tipe G

Tipe H

Tipe K

Tipe L

Tipe M

Tipe R

Tipe W

Tipe X

Tipe Y

53 Photos of the Pesona Klasik Motor BSA

Pesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSAPesona Klasik Motor BSA