Perawatan Mobil Matic

Perawatan Mobil Matic

Perawatan Mobil Matic – Pada saat mengemudi di jalan raya yang macet, paling nyaman menggunakan mobil  matic atau perseneling  otomatis. Dikarenakan lebih simple dalam pengoprasianya, kaki pun tidak terasa pegal karena tidak harus menginjak pedal kopling. Namun ada juga beberapa orang yang belum berani menggunakan mobil matic atau mobil otomatis.

perawatan mobil matic

perawatan mobil matic

Hampir setiap mobil keluaran terbaru, menawarkan dua pilihan mulai dari transmisi otomatis dan perseneling otomatis. Dengan menggunakan perseneling manual yang harus menginjak pedal kopling, berbeda dengan mobil bertransmisi otomatis. Transmisi otomatis tinggal menginjak pedal gas dan gigi perseneling berpindah secara otomatis.

Dalam perawatan mobil matic tidak terlalu mengeluarkan budget yang banyak, ongkosnya pun lebih murah dalam merawat mobil matic. Namun banyak orang beranggapan berbeda, mereka yang belum tahu menganggap ongkos perawatannya lebih mahal dari perawatan mobil bertransmisi manual. Namun dari mekanik atau bengkel khusus mobil matic terbilang lebih murah untuk perawatan mobil matic jika perawatan dilakukan dengan benar.

Hal yang mulai terjadi kerusakan pada transmisi otomatis adalah gejala kopling yang selip, yang dirasakan ketika tak seimbangnya putaran mesin dengan laju mobil. Mesin sudah meraung di putaran mesin tertinggi, namun mobil tak berjalan seimbang. Perpindahan gigi perseneling tidak halus. Cara mengatasi dengan memasukkan perseneling ke posisi D atau R, lalu rem dilepas. Dalam kondisi mobil waras, mobil langsung bisa jalan. Namun jika tidak, kemungkinan ada masalah di transmisi matic. Jika volume oil berkurang atau oli berbau sangit, segera lakukan perbaikan atau dibawa ke bengkel kepercayaan anda.

Selanjutnya, untuk mengetahui kondisi dan volume oli mobil, anda bisa melihat pada tongkat pengukur (dipstick) yang terletak diluar mesin diatas bak perseneling (gearbox). Namun jika mobil matic adalah buatan eropa seperti Audi, untuk mengecek pada bagian tongkat pengukur atau (dipstick) dilakukan lewat lubang dibawah gearbox. Sebaiknya lakukan mengganti oli transmisi setiap 5.000 kilometer, serta juga mengganti oli mesin. Dianjurkan setiap 20.000 km oli dikuras dan diganti dengan yang baru. Dan diikuti dengan penggantian filter oli transmisi. Tujuannya untuk mengeluarkan serpihan serpihan atau kotoran. Namun untuk mengganti semua itu lebih mahal dibandingkan dengan mobil perseneling manual. Itulah tadi seputar merawat mobil matic yang trendotomotif.com sajikan untuk anda.

1 Photos of the Perawatan Mobil Matic

Perawatan Mobil Matic