Modifikasi Mesin 2 Cylinder L Twin Untuk Yamaha Vega

Modifikasi Mesin 2 Cylinder L Twin Untuk Yamaha Vega

Modifikasi Mesin 2 Cylinder L Twin Untuk Yamaha Vega – Modifikasi mesin 2 Cylinder sudah menjalar diseluruh pelosok negeri. Menggunakan motor bebek sebagai bahan modifikasi dengan mesin 2 Cylinder L twin memang sudah sangat marak di dunia balap. Karena mesin 2 cylinder twin lebih kuat tenaga dan yang pasti motor semakin kencang. Modifikasi mesin 1 cylinder dengan mengubah mesin menjadi 2 cylinder memang terdengar tidak masuk akal. Namun bagi para mekanik balap sudah tidak asing lagi dengan mesin 2 cylinder.

Analisa basic komposisi yang bermula pada bagian modif kruk as satu stang seher merubah menjadi dua stang seher, dengan cara memodifikasi pada komponen stang seher dan daun kruk as pada bagian kanan sebanyak 3mm dan daun kruk as pada bagian kiri sebanyak 3,5mm. Kemudian memapas pada bagian conecting rod atau stang seher total 1,5mm, pada saat memapas harus berhati- hati karna menentukan mesin untuk menjadi sempurna. Lihat gambar berikut ini.

modifikasi mesin 2 Cylinder L twin

modifikasi mesin 2 Cylinder L twin

Langkah berikutnya membuat dudukan baru untuk blok cylinder, untuk menggabungkan di mesin Vega menjadi 2 cylinder dengan cara mencoak pada bagian tengah atas crankcase. Selanjutnya di tanam adaptor yang sudah dibuat persis posisi dudukan aslinya, bentuknya persis dengan paking alumunium tebal. Kemudian temukan titik centernya dan pada bagian pinggirnya di lasbabet alumunium untuk mengisi kekosongan dari crankcase yang sudah di coak.

Selanjutnya gigi sentrik harus pada posisi ukuran tingginya pas dan sempurna, dikarenakan letak berada pada posisi yang bersebelahan pada bagian lengan kruk as, sehingga posisi blok menjadi tidak sejajar. Cara mengatasi permasalahan ini dengan menggeser linier dari salah satu blok tersebut sebanyak kurang lebih 7mm. Namun masalah baru yang muncul karena dengan bergesernya linier sirip blok banyak yang robek. Untuk mengatasi hal tersebut dengan cara dilas alumunium. Untuk piston cukup dengan menggunakan piston dari karisma dan dipadukan dengan struk standar menghasilkan kapasitas mesin menjadi 120cc/cylinder jika di kali dua maka menjadi 240cc. Untuk sektor pengapian harus dibuat ganda, mulai dari pulser, koil, CDI kecuali magnet.

Modifikasi Motor Vega

Modifikasi Motor Vega

Spesifikasi :

  • Piston = Karisma
  • Kruk as = Std Custume
  • Cam = Jupiter
  • Klep = Standar
  • CDI = Jupiter
  • Ratio = Standar
  • Pulser = 2 Buah
  • Koil = 2 Buah
  • CDI = 2 Buah

Itulah tadi cara memodifikasi mesin 1 cylinder menjadi 2 cylinder, semoga dengan membaca artikel ini bisa menginspirasi anda untuk mencoba. Terimakasih sudah berkunjung dalam seputar trendotomotif.com.

 

2 Photos of the Modifikasi Mesin 2 Cylinder L Twin Untuk Yamaha Vega

Modifikasi Mesin 2 Cylinder L Twin Untuk Yamaha VegaModifikasi Mesin 2 Cylinder L Twin Untuk Yamaha Vega
Lamborghini telah Rilis Aventador Ad Personam Patriotic Nazionale!
Merawat Motor Matic
Merawat Motor Matic