Mobil Dengan Fitur Kendali Otomatis Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Kecelakaan

Mobil Dengan Fitur Kendali Otomatis Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Kecelakaan

Mobil Dengan Fitur Kendali Otomatis Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Kecelakaan – Perkembangan teknologi dibidang otomotif khususnya mobil memang tidak ada hentinya. Sebagai bukti dari perkembangan teknologi tersebut yakni adalah terciptanya mobil bengan kendali otomatis atau yang biasa dikenal sebagai mobil otonom. Bahkan baru-baru ini mobil otonom sempat menjadi gosip panas bagi para produsen mobil dunia, pasalnya para produsen mobil dunia kini sedang berlomba-lomba menciptakan inovasi kecanggihan mobil otonom.

Mobil teknologi otonom

Mobil otonom atau mobil dengan fitur kendali otomatis

Bukan hanya produsen mobil saja yang mengembangkan mobil canggih ini, NASA yang dikenal sebagai pencipta berbagai pesawat luar angkasa paling mutakhir pun ikut ambil bagian dalam pengembangan teknologi mobil otonom. Ialah Nisan yang berkerja sama dengan NASA untuk mengembangkan mobil kendali otomatis dan Nissan Leaf lah yang digadang-gadang sebagai pilot project mobil otonom tersebut. Sedangkan produsen mobil lain yang ikut tertarik mengembangkan teknologi ini ialah salah satunya perusahaan mobil Volvo yang bermarkas di Swedia. Keseriusan Volvo dalam menggarap mobil kendali otomatis dibuktikan dengan menguji cobakan teknologi tersebut pada 100 unit mobil jenis SUV CX9 di jalan utama kota Stockholm, Swedia pada tahun 2017 mendatang.

Mobil Dengan Fitur Kendali Otomatis Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Kecelakaan

Sementara itu untuk perijinan, banyak negara yang mendukung penuh atas pengembangan mobil dengan kendali otomatis ini. Bahkan negara Ingris telah menginvestasikan dana sebesar 19 juta pound untuk pengembangan mobil tersebut di empat kota. Tambah lagi pemerintah Inggris juga mengijinkan penggunan seluruh jalanan kota pada musim panas untuk penggujian mobil canggih ini. Dukungan itu juga diperoleh dari negara Dubai yang mengijinkan pengujian mobih ini di negaranya. Bahkan dubai juga telah membentuk sebuah tim yang diambil dari Dinas jalan dan transportasi Dubai (RTA) untuk meneliti penggunan mobil kendali otomatis tersebut. Berbagai dukungan tersebut bukan didasari lantaran pengedepanan teknologi saja, namun karena manfaat mobil kendali otomatis bagi keamanan pengendara mobil. Sebab dengan menggunakan mobil otonom ternyata dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan yang mayoritas disebabkan oleh pengendara mobil itu sendiri.

Konsep mobil teknologi otonom

Konsep mobil otonom

Salah satu kantor berita Inggris yakni Reuters merilis hasil studi yang dilakukan oleh perusahaan konsultasi McKinsey and Company yang meneliti mengenai mobil kendali otomatis. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan kesimpulan bahwa teknologi autonomus driving dapat mengurangi potensi kecelakaan secara signifikan hingga 90 persen. Tambah lagi di hasil studi tersebut juga mengungkapkan bahwa potensi kerugian akibat kecelakaan sebesar USD200 miliar atau setara Rp2.615 triliun dapat dihindari.

Cara kerja mobil dengan fitur kendali otomatis ialah dengan memanfaatkan sensor dan kamera sebagai pemandu kendaraan melaju pada posisi sangat aman sehingga memastikan mobil tidak terjadi benturan baik benturan antar kendaraan maupun manusia. Tentu dengan fitur tesebut dapat menghindarkan si pengendara mobil dari resiko kecelakaan. Teknologi tersebut diklaim dapat berkerja lebih sensitif dibanding dengan manusia, yang memiliki kelemahan, terutama dalam hal konsentrasi berkendara.

Sungguh sangat canggih dan sangat bermanfaat bukan? kita tunggu saja kemunculannya. Terimakasih sudah membaca artikel yang Trendotomotif.com sajikan, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda dalam bidang otomotif.

2 Photos of the Mobil Dengan Fitur Kendali Otomatis Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Kecelakaan

Mobil Dengan Fitur Kendali Otomatis Ternyata Bisa Mengurangi Resiko KecelakaanMobil Dengan Fitur Kendali Otomatis Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Kecelakaan