Merubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe Racer

Merubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe Racer
Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe Racer

Merubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe Racer

Merubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe Racer – Berkat seorang pembalap Gran Prix 500cc di era 70-80-an, motor Yamaha XS650 keluaran tahun 1972 ini menjadi sangat populer dan melegenda di seluruh dunia. Bahkan hingga kini motor seperti ini banyak di buru oleh para pecinta motor klasik karena kesan klasik sangat melekat pada motor Yamaha XS650 ini. Namun kini bukan persoalan gampang untuk mendapatkan motor Yamaha XS650 yang masih original. Jikapun memperoleh motor Yamaha XS650 yang masih original, pastinya pemilik akan menjaga betul setiap detai keaslian dari motor ini. Akan tetapi berbeda bengan pemilik motor Yamaha XS650 yang berasal dari Los Angeles – Amerika ini tanpa tanggung-tanggung merubah tampilan Yamaha XS650 miliknya menjadi ala cafe racer.

Tampilan Yamaha XS650

Tampilan Yamaha XS650 Original

Untuk mendapatkan tampilan sport klasik single seater ini banyak terjadi perubahan pada motor Yamaha XS650 ini sampai menghilangkan ke originalan motor tersebut. Perubahan Yamaha XS650 yang juga terkenal dengan sebutan XS2 tersebut meliputi perombakan footpeg atau footstep, desain tangki, rangka dan bentuk mesin secara umum.

Modifikasi Yamaha XS650 Ala Cafe Racer

Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe Racer

Konsep modifikasi cafe racer merupakan salah satu konsep dari modifikasi motor gaya japs style. Oleh karena itu dalam memodifikasi motor ala cafe racer, kesemua modifikasinya harus mengacu pada tampilan klasik cafe racer negara Jepang. Namun sebagai penghormatan kepada moge klasik Inggris. Norton Comando memberikan pengaruh besar pada kesan atau tampilan mesin milik Kott ini.

Moge Klasik Inggris NORTON COMMANDO

Penghormatan Kepada Moge Klasik Inggris NORTON COMMANDO

Untuk menambah keklasikan motor Yamaha XS650, Kott mengganti tangki aslinya bengan tangki milik Yamaha XS750 namun dia harus melakukan sedikit perubahan pada rangka supaya dapat memasang tangki tersebut. Sementara itu agar tambah mempermanis tampilan akhir Kott menambahkan grafis sederhana pada lekukan tangki. Kemudian membuat posisi stang setir hampir sejajar dengan jok merupakan langkah penting untuk menguatkan kesan cafe racer yang khas.

Stang Yamaha XS650 Sejajar Dengan Jok

Stang Stir Yamaha XS650 Sejajar Dengan Jok

Knalpot Yamaha XS650 Yang Khas

Knalpot Yamaha XS650 Yang Khas Spot Klasik

Pada bagian sistem knalpot Kott membuatnya secara custom dengan mempertahankan khas sport klasik yakni dengan menunggingkan silincernya. Bagian jok juga tak lupa dilakukan perubahan, dia mengganti dudukan jok dengan bahan plat baja yang kemudian bentuknya di sinergikan dengan lekukan tangki bodywork custom.

Jok Yamaha XS650

Jok Yamaha XS650 Ala Cafe Racer

Sektor kaki kaki juga tak luput dari perubahan, pada hal ini Kott menggunakan velg alumunium yang bertekstur ringan namun kuat supaya performa dari motor Yamaha XS650 miliknya meningkat. Selanjutnya untuk menambah elegant pada bagian pegas fork depan yang lama digantikan dengan part baru begitu pula dengan suspensi belakang diganti juga dengan suspensi lansian Hagon, serta mengganti swing arm dengan part baru.

Kaki-Kaki Yamaha XS650

Peubahan Kaki-Kaki Yamaha XS650

Tahap terakhir yaitu mengoptimalkan fungsi rem depan dengan mengaplikasikan dua piringan cakram dan master kaliper pada fork asli bawaan Yamaha XS650 ini. Sementara itu rem belakang masih menggunakan rem tromol bawaan Yamaha XS650 supaya kesan klasik pada motor tersebut tidak hilang. Perpaduan warna hitam mengkilat dengan garis emas serta crome dipilihnya untuk menciptakan kesan klasik.

Rem DepanYamaha XS650

Memaksimalkan Rem DepanYamaha XS650

Apakah Anda tertarik ingin Merubah Penampilan Yamaha XS650 Ala Cafe Racer seperti milik Dustin Kott ini ?. Termakasih sudah membaca artikel dari Trendotomotif.com semoga artikel tersebut dapat menjadi referensi dalam memodifikasi Yamaha XS650. Lihat juga Gambar Modifikasi Motor Vespa yang Keren

9 Photos of the Merubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe Racer

Merubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe RacerMerubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe RacerMerubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe RacerMerubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe RacerMerubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe RacerMerubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe RacerMerubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe RacerMerubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe RacerMerubah Tampilan Yamaha XS650 Ala Cafe Racer
Kumpulan modifikasi motor ceper ekstrem