Langkah Mudah Pastikan Kondisi Sepeda Motor Bekas Dalam Keadaan Baik

Langkah Mudah Pastikan Kondisi Sepeda Motor Bekas Dalam Keadaan Baik

Langkah Mudah Pastikan Kondisi Sepeda Motor Bekas Dalam Keadaan Baik – Apakah Anda sedang berencana ingin membeli sebuah motor bekas? Jika iya tentu Anda dapat dengan mudah untuk menemukan tipe atau model motor yang Anda inginkan, akan tetapi jika berbicara soal memilih kualitas motor bekas pastinya tak semudah seperti memilih model motor.

tips memilih Motor bekas

Mengecek kondisi sepeda motor bekas memerlukan keahlian khusus agar Anda tidak tertipu dengan tampilannya saja.

Memilih sepeda motor bekas yang masih dalam keadaan baik memang perlu keahlian tersendiri. Sebab kita tidak tahu apakah pemilik sebelumnya rajin merawat motor tersebut atau malah mengabaikan perawatan motor tersebut. Tak jarang orang masih tertipu dengan tampilan bodi motornya yang mulus namun ternyata bermasalah pada mesin.

Nah untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut pada sepeda motor bekas yang ingin Anda beli, maka perlu adanya langkah khusus untuk memilih sepeda motor bekas yang benar-benar dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan.
Simak langkah memilih motor bekas berikut ini yang Trendotomotif.com himpun dari berbagai sumber :

1. Cek Kondisi Fisik

Untuk mengecek kondisi fisik sepeda motor bekas termasuk langkah yang paling mudah karena ini merupakan kesan pertama pada tampilan bodi saat membeli sepeda motor. Pastikan Anda periksa kondisi tampilan sepeda motor bekas yang meliputi bagian bodi tidak terdapat banyak goresan atau bahkan pecah.

Selain itu usahakan juga semua komponen luar yang terpasang pada sepeda motor masih asli dan lengkap termasuk semua baut penyambung.

2. Cek Mesin

Pengecekan mesin menjadi hal utama yang harus diperhatikan, jika orang yang belum paham dengan mesin hal ini menjadi sebab utama orang tertipu ketika membeli sepeda motor bekas. Cara pengecekan mesin adalah dengan menghidupkan mesin tanpa perlu Anda mainkan tuas gas dan pastikan putaran stasioner mesin masih dalam keadaan stabil atau bagus.

Pada pengecekan ini Anda juga perlu memastikan tidak ada suara-suara kasar yang timbul dari mesin ketika mesin hidup. Jika terjadi sebaliknya suara kasar pada mesin mengindikasikan bahwa mesin sedang bermasalah dan membutuhkan perbaikan.

3. Cek Kelistrikan

Pengecekan kelistrikan sepeda motor dapat kita awali dengan menghidupkan sepeda motor melalui elektrik starter. Jika motor dapat hidup dengan mudah maka bisa dipastikan bahwa tenaga listrik yang dihasilkan accu masih dalam keadaan bagus.

Setelah itu cobalah mematikan kembali mesin sepeda motornya dan lakukan pengecekan lain seperti lampu utama jauh-dekat,lampu belakang, lampu sein, lampu rem, lampu indikator spedometer, hingga klakson. Apabila semua lampu dapat berfungsi dengan baik, maka bisa disimpulkan bahwa kelistrikan sepeda motor bekas tersebut tidak terdapat kerusakan.

Langkah Mudah Pastikan Kondisi Sepeda Motor Bekas Dalam Keadaan Baik

4. Cek Perpindahan Gigi

Mengecek perpindahan gigi dilakukan dengan mencoba mengendarai sepeda motor kemudian lakukanlah perpindahan gigi satu-persatu dan rasakan apakah perpindahan gigi terasa sulit?. Apabila perpindahan gigi yang Anda rasakan terasa sulit maka menunjukkan bahwa kanvas kopling sepeda motor yang akan Anda beli sudah tipis dan perlu diganti.

5. Cek Rangka Sepeda Motor

Rangka merupakan bagian terpenting pada sepeda motor, sebab apabila rangka terdapat kerusakan seperti bengkok maka akan mengakibatkan sepeda motor sulit dikendalikan selain itu juga akan berdampak fatal bagi keamanan pengendara.

Sehubungan dengan hal tersebut maka pengecekan rangka sepeda motor yang akan Anda beli menjadi langkah penting. Cara mengecek rangka adalah dengan mengendarai sepeda motor pada kecepatan 40 km/jam kemudian tekan rem agak mendadak. Jika pada saat dilakukan pengereman mendadak menimbulkan motor sulit dikendalikan maka dapat dipastikan kemungkinan besar antara sasis dengan setang sudah tidak presisi atau tidak lurus lagi

6. Cek Kebocoran

Untuk melakukan pengecekan ini sebaiknya terlebih dahulu mintalah izin kepada penjual motor tersebut untuk menjalankan motor sebab proses pengetesan ini akan dilakukan dengan menjalankan motor kurang lebih 500 meter.Setelah motor dijalankan, perhatikan semua pemukaan mesin terutama pada sambungan permukaan mesin terdapat rembesan atau tetesan oli atau tidak. Selain itu jika sepeda motor bekas yang akan Anda beli menggunakan pendingin radiator, cek juga apakah terdapat rembesan air.

Itulah langkah mudah memastikan sepeda motor bekas yang hendak Anda beli apakah masih dalam keadaan layak pakai atau tidak. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan Anda dalam bidang otomotif khususnya motor.-Tendotomotif.com

1 Photos of the Langkah Mudah Pastikan Kondisi Sepeda Motor Bekas Dalam Keadaan Baik

Langkah Mudah Pastikan Kondisi Sepeda Motor Bekas Dalam Keadaan Baik