Langkah Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Langkah Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Langkah Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet – Mobil transmisi matic kini memang sedang diminati masyarakat terutama oleh masyarakat perkotaan. Memiliki mobil matic akan memudahkan pengendara karena tak perlu capek-capek untuk menginjak kopling dengan kaki kiri ketika berada pada jalanan yang macet.

Langkah Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Langkah Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Dengan segala kemudahan teknologi mobil sekarang ini tentu bukan hanya sekedar membeli dan menggunakan, ada kalanya dimana mobil tersebut membutuhkan perawatan. Terlebih lagi mobil matic ini perlu adanya penanganan khusus agar mobil tetap awet dan prima ketika dikendarai.

Terlepas dari kemudahanya, beberapa orang lain juga menganggap bahwa mobil matic lebih cepat rusak, boros bahan bakar dan mahal dalam perawatanya. Padahal jika tahu cara merawatnya tidak sesulit apa yang dibayangkan. Nah maka dari itu berikut ini kami berikan beberapa langkah mudah merawat mobil matic agar tetap awet.

Langkah Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

1. Memanaskan Mesin sebelum Berkendara

Memanaskan mobil sebelum berkendara merupakan hal yang biasa dianggap sepele padahal jika diabaikan secara terus menerus ini akan berakibat fatal pada mesin mobil. Karena mengendarai mobil dengan tidak sesuai suhunya akan mengganggu kinerja mesin mobil. Kondisi ini berlaku baik mobil transmisi matic maupun manual. Maka dari itu panaskan mesin mobil selama beberapa menit terlebih dahulu sebelum digunakan berkendara. Pastikan juga posisikan tuas transmisi di posisi netral (N) sebelum mesin dinyalakan.

2. Hindari Memindah Tuas Perseneling Secara KasarUsahakan tidak memindah tuas perseneling saat kondisi mesin mati. Begitu pula jangan memindahkan tuas perseneling secara kasar saat hendak parkir dan sering kickdown pada pedal gas karena tindakan ini akan mengakibatkan kebocoran dan kerusakan pada valve sehingga kinerja transmisi matic terganggu. Jadi, pastikan laju mobil sudah terhenti sebelum tuas perseneling diubah ke posisi parkir (P).

3. Rutin Mengganti Oli Mesin

Oli mesin merupakan salah satu bagian penting dari mesin mobil. Dengan mengecek kondisi oli mesin akan maka dapat mengetahui kondisi mesin apakah masih bersih atau sudah kotor. Apabila oli mesin dirasa kotor, alangkah baiknya segera mengganti oli tersebut supaya tidak mengganggu kinerja mesin. Dengan begitu kondisi mesin akan tetap prima meskipun digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

4. Gunakan Transmisi Matic Sesuai Kebutuhan

Atur tuas transmisi sesuai kebutuhan berkendara. Misalnya apabila berkemudi dijalan datar posisikan tuas transmisi pada posisi D (Drive), D1 untuk tanjakan curam, D2 untuk tanjakan sedang dan D3 untuk mendahului begitu pula seterusnya. Dengan demikian, maka kinerja transmisi mobil dapat sesuai dengan kemampuannya.

6. Melakukan Uji Jalan

Tidak hanya mobil baru saja yang dilakukan uji jalan, pengguna mobil matic pun sebaiknya perlu melakukan uji jalan secara berkala misalnya sebulan sekali. Langkah ini bertujuan untuk mengecek perseneling terdapat masalah atau masih dalam kondisi prima. Uji jalan dapat dilakukan dengan memindahkan setiap bagian perseneling dan rasakan apakah ada sesuatu masalah atau terdengar bunyi yang tidak normal. Bila dirasa terdapat masalah sebaiknya segeralah bawa mobil ke bengkel agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

7. Servis Mobil secara Teratur

Langkah terakhir adalah melakukan servis mobil secara teratur. Hal ini tidak boleh dilalaikan bagi setiap pemilik mobil agar mobil tetap dalam kondisi prima.

1 Photos of the Langkah Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Langkah Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet
Peugeot-Dongfeng telah Sepakat Tambah Modal US$ 5,5 M