Kenali 8 Tanda Transmisi Mobil Bermasalah yang Perlu Diketahui

Kenali 8 Tanda Transmisi Mobil Bermasalah yang Perlu Diketahui

Kenali 8 Tanda Transmisi Mobil Bermasalah yang Perlu Diketahui – Untuk mendeteksi masalah pada transmisi mobil memang bukan suatu hal yang gampang. Terlebih lagi jika mobil tersebut memakai transmisi matik, ini akan lebih rumit dari pada transmisi manual. Akan tetapi sebaiknya Anda perlu mengetahui permasalahan tersebut agar ketika transmisi mobil Anda mengalami permasalahan maka Anda tidak panik lagi.

trasmisi mobil bermasalah

trasmisi mobil bermasalah

Nah, berikut ini trendotomotif akan memberitahukan Anda 10 tanda transmisi mobil bermasalah agar dapat membantu Anda mengenali masalah-masalah yang muncul pada transmisi mobil.

Kenali 8 Tanda Transmisi Mobil Bermasalah yang Perlu Diketahui

1. Kopling Selip

Ketika pedal gas di injak spontan, rpm mesin mulai naik namun mobil hanya bergetar dan tidak mau melaju cepat maka bisa diartikan bahwa ada sesuatu masalah pada kopling. Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh plat kopling yang sudah aus. Sedangkan untuk transmisi matik kondisi ini bisa disebabkan oleh kinerja body valve yang sudah tidak normal.

2. Transmisi Berdengung

Mendeteksi kerusakan transmisi yang berdengung memang sedikit rumit pasalnya suara dengungan dari transmisi awalnya terdengar seperti suara dari mesin. Jika lama dibiarkan kondisi ini akan tambah parah sehingga suara mesin akan bertambah keras seperti suara ketukan benda tumpul saling beradu. Asal suara tersebut adalah dari komponen transmisi yang saling bertabrakan karena kurangnya dorongan dari oli transmisi sehingga membuat mekanisme pergerakan komponen terhambat.

3. Oli Transmisi Bocor

Kebocoran oli transmisi merupakan masalah yang cukup mudah untuk dideteksi. Akan tetapi jangan menyepelekan kebocoran oli transmisi, terlebih lagi pada transmisi matik. Ketika oli transmisi matik bocor akan membuat kapabilitas pertukaran gear terganggu. Apabila oli transmisi sudah berwarna gelap dan berbau terbakar maka sebaiknya segera ganti oli tersebut

4. Mobil Bergetar

Ada banyak sebab mengapa mobil terasa bergetar ketika dikendarai. Namun untuk mobil matik kondisi ini biasa terjadi karena kinerja mesin dan transmisi tidak normal. Apabila mobil Anda mengalami masalah ini maka coba periksa mobil pada kampas kopling karena bisa jadi kampas kopling sudah mulai aus sehingga menyebabkan permukaan kampas kopling menjadi tidak rata.

5. Bau Oli Terbakar

Masalah lain juga bisa berasal dari oli transmisi. Biasanya diawali dengan tanda bau oli yang terbakar. Kondisi ini disebabkan karena transmisi overheating sehingga menyebabkan oli terbakar. Bila terjadi masalah ini sebaiknya segera tambah oli pada transmisi supaya tidak terjadi masalah lain yang lebih parah.

6. Susah Oper Gear

Susah oper gear sering saja terjadi pada mobil dengan transmisi manual. Kondisi ini biasa terjadi karena terdapat masalah pada penghubung tuas kopling dengan withdrawl level atau garpu tala yang bertugas memindahkan gigi transmisi. Penyebab lainnya bisa juga karena terdapat komponen didalam transmisi sudah aus atau termakan usia.

7. Indikator Check Engine Menyala

Indilator check engine menyala merupakan salah satu tanda jika terjadi suatu masalah atau kerusakan pada mesin mobil. Menyalanya indikator check engine memberikan informasi masalah pada mesin secara menyeluruh jadi tidak hanya kerusakan transmisi saja namun bisa saja terjadi kerusakan pada komponen mesin lainnya. Oleh sebab itu, saat indikator ini menyala, jangan langsung menuduh transmisi sumber kerusakannya.

8. Suara Kasar saat Posisi Gear Netral

Kondisi ini bisa disebabkan oleh bearing transmisi yang sudah aus, terlebih lagi pada bearing di input shat akan lebih terdengar kasar. Jika ini terjadi segeralah periksakan kondisi transmisi ke bengkel.

1 Photos of the Kenali 8 Tanda Transmisi Mobil Bermasalah yang Perlu Diketahui

Kenali 8 Tanda Transmisi Mobil Bermasalah yang Perlu Diketahui