Inilah Penyebab Sepeda Motor Terasa Oleng

Inilah Penyebab Sepeda Motor Terasa Oleng

Inilah Penyebab Sepeda Motor Terasa Oleng – Kenyamanan berkendara merupakan hal yang paling diutamakan  bagi para pengendara sepeda motor. Terlebih lagi oleh para pengendara sepeda motor yang hobi melakukan touring ke luar kota, kenyamanan adalah hal yang wajib bagi mereka. Salah satu kriteria yang mendasari kenyamanan bekendara adalah dari performa sepeda motor yang stabil atau tidak oleng. Bayangkan saja jika keolengan terjadi pada motor anda, pastinya anda sebagai pengendara akan merasa tidak nyaman waktu anda berkendara. Selain itu pembonceng juga akan merasakan ketidak nyamanan tersebut. Bahkan berawal dari hal tersebut juga bisa berakibat fatal.

Keolengan motor

Keolengan sepeda motor dapat menyebabkan berkurangnya kenyamanan dalam berkendara

Jangan menganggap enteng masalah tersebut, karena keolengan sepeda motor juga merupakan faktor tejadinya kecelakan sepeda motor. Misalnya pada posisi oleng Anda berkendara dengan kecepatan penuh jika terkena gocangan sedikit saja maka Anda akan sulit mengendalikan motor tersebut akibatnya bisa terjdi kecelakaan. Pada dasarnya ada banyak faktor yang mnyebabkan motor menjadi oleng. Biasanya keolengan sepeda motor sering disebabkan oleh jalan yang rusak atau jalan yang berlubang. Faktor dari beban kejut yang berulang juga dapat mempengaruhi terjadinya keolengan sepeda motor. Faktor-faktor tersebut membuat berbagai macam komponen sepeda motor menjadi bermasalah dan menyebabkan keolengan. Lalu komponen apa sajakah yang membuat sepeda motor menjadi tidak stabil ? Nah berikut ini Trendotomotif.com berikan penjelasan mengenai komponen-komponen yang membuat motor menjadi oleng.

1. Velg

Penyetelan ulang velg rusak

Penyetelan ulang velg yang rusak

Velg merupakan salah satu komponen yang paling sering menyebabkan terjadinya keolengan sepeda motor. Seringnya terjadi benturan pada jalan yang berlubang, itulah yang menjadi sebab terjadinya velg menjadi bengkok. Namun jika anda masih kesulitan untuk mendeteksi kerusakan pada velg, Anda dapat menggunakan sebatang besi, obeng atau benda sejenis. Kemudian dekatkanlah besi tersebut sampai hampir menyentuh velg. Selanjutnya putarkan roda kedepan atau kebelakang. Jika roda diputar dan besi menyentuh bagian velg roda, maka bisa dipastikan velg Anda terjadi kebengkokan atau sudah tidak presisi lagi. Cara mengatasinya yaitu anda cukup neyetel ulang velg Anda dengan  membawa motor Anda ke bengkel spesialis penyetelan velg atau bodi repair. Jangan khawatir masalah harga cukup terjangkau.

2. Laher roda

Pengecekan laher roda motor

Pengecekan laher roda sepeda motor

Laher roda atau yang biasa di sebut laker, adalah penyeban utama dari tejadinya keolrngan sepeda motor. Laher yang jarang mendapatkan perawatan atau seringnya sepeda motor digunakan untuk membawa barang yang berat menyebabkan laher roda mudah aus. Cara indikasi keusakan laher roda memang cukup mudah, Jika kondisi ban dalam keadaan keras atau tidak kempis dan baut roda dalam keadaan kencang tetapi motor masih terasa bergoyang, maka itu berarti laher roda sepeda motor Anda adalah penyebab dari keolengan yang terjadi pada sepeda motor anda. Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mengecek laher tersebut, caranya pada posisi menggunakan standar ganda, goyangkanlah roda ke arah kiri atau kanan. Jika ketika roda digoyangkan dan rodanya terasa ikut bergoyang atau mengeluarkan bunyi, maka bisa diartikan laher roda anda sudah rusak.

3. Ban

Perbaikan rotasi ban

Perbaikan ban

Ban yang sudah tidak presisi ternyata juga bisa menyebabkan keolengan sepeda motor. Ban yang tidak presisi tersebut juga disebankan oleh beberapa faktor yaitu karena posisi pemasangan ban tidak pas merata pada velg, terjadi keausan ban yang tidak merata, serta ban robek atau bolong. Selain itu, perhatikan juga rotasi ban. Jika posisi rotasi ban yang dipasang tebalik, maka dapat menyebankan ban cepat aus dan saat dikendarai akan menimbulkan motor terasa bergoyang. Cara mengatasinya cukup mudah, kempiskanlah ban terlebih dahulu  kemudian pasang kembali ban dengan posisi yang pesisi.

Itulah tadi kompoen-komponen yang sering menyebabkan keolengan pada sepeda motor. Berdasakan masalah diatas bisa di simpulkan bahwa peawatan yang berkalalah yang membuat motor Anda terhindar dari masalah-masalah kerusakan motor. Sekian dulu ulasan mengenai penyebab dari keolengan sepeda motor, semoga artikel diatas dapat membantu Anda untuk mengatasi keolengan sepeda motor Anda. Terimakasih sudah membaca artikel dari Trendotomotif.com.

4 Photos of the Inilah Penyebab Sepeda Motor Terasa Oleng

Inilah Penyebab Sepeda Motor Terasa OlengInilah Penyebab Sepeda Motor Terasa OlengInilah Penyebab Sepeda Motor Terasa OlengInilah Penyebab Sepeda Motor Terasa Oleng