Inilah Penyebab Knalpot Motor 4 Tak Ngebul Ketika Digunakan

Inilah Penyebab Knalpot Motor 4 Tak Ngebul Ketika Digunakan

Inilah Penyebab Knalpot Motor 4 Tak Ngebul Ketika Digunakan – Pada umumnya mesin 4 tak pada sepeda motor merupakan jenis mesin yang nyaris tidak mengeluarkan asap atau ngebul pada knalpot ketika digunakan. Namun, apabila knalpot motor 4 tak ngebul seperti fogging, maka bisa dipastikan bahwa mesin tersebut berada dalam kondisi tidak normal. Situasi ini bisa menjadi tanda bahwa ada kerusakan di salah satu komponen mesin tersebut baik kerusakan ringan atau bahkan menjadi awal kerusakan yang serius.

Inilah Penyebab Knalpot Motor 4 Tak Ngebul Ketika Digunakan

Inilah Penyebab Knalpot Motor 4 Tak Ngebul Ketika Digunakan

Penyebab knalpot motor 4 tak ngebul dapat terjadi dalam dua kemungkinan, maka untuk mengenali penyebabnya sebaiknya cermati dulu asap yang keluar dari knalpot motor tersebut. Simak ulasan berikut ini

Inilah Penyebab Knalpot Motor 4 Tak Ngebul Ketika Digunakan

Jika knalpot motor 4 tak mengeluarkan asap berwarna hitam maka ini bisa menjadi tanda bahwa pembakaran pada mesin tersebut tidak berlangsung sempurna. Penyebab dari masalah ini adalah bahan bakar yang masuk pada ruang bakar terlalu banyak dibanding udara yang masuk. Untuk mengatasinya cukup mudah yakni dengan membersihkan karburator dan menyetel ulang sedangkan untuk motor injeksi bisa dilakukan dengan penyetelan ulang pada electronic control unit-nya.

Kemudian untuk knalpot motor 4 tak ngebul dengan warna putih bisa disebabkan karena adanya oli mesin yang masuk ke ruang pembakaran dan ikut terbakar. Kondisi ini akan membuat oli motor mudah berkurang. Knalpot ngebul putih bisa terjadi pada motor jenis karburator maupun injeksi. Bila mana kondisi ini terjadi pada motor Anda sebaiknya segeralah servis motor tersebut untuk mengetahui masalah yang terjadi karena bisa jadi ada masalah cukup serius pada mesin motor Anda. Jangan biarkan oli motor habis karena ini hanya akan memperparah kondisi mesin motor tersebut. Berikut ini merupakan sumber kerusakan komponen mesin yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih.

Ring piston aus

Motor yang sudah digunakan cukup lama atau sudah bertahun-tahun digunakan membuat ring piston menjadi aus sehingga oli dapat dengan mudah ikut masuk ke ruang bakar. Jalan satu-satunya mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti ring piston dengan yang baru namun tetap dengan ukuran yang sama.

Piston baret

Seperti halnya ring piston, piston baret atau aus dapat menjadi penyebab oli masuk pada ruang bakar dari celah baret piston. Pada umumnya piston baret disebabkan karena penggantian oli mesin yang tidak teratur sehingga membuat kerak menempel pada dinding piston dan membuat baret. Selain itu bisa juga karena sudah termakan oleh waktu pemakaian. Cara mengatasinya yakni dengan mengganti baru dengan ukuran yang sama, namun jika dinding silinder juga ikutan baret maka harus di corter dan mengganti ukuran piston yang lebih besar atau oversize piston.

Sil klep bocor

Apakah motor Anda mengeluarkan asap putih saat motor dipanaskan saja? Jika iya maka bisa disimpulkan bahwa sil klep bocor. Sil klep yang sudah keras dapat membuat kebocoran oli masuk pada ruang bakar melalui batang klep sehingga akan menghasilkan asap putih keluar dari knalpot.

Itulah tadi ulasan mengenai penyebab knalpot motor 4 tak ngebul ketika digunakan yang dapat kami berikan untuk Anda. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat menambah pengetahuan Anda tenang mesin sepeda motor.

 

1 Photos of the Inilah Penyebab Knalpot Motor 4 Tak Ngebul Ketika Digunakan

Inilah Penyebab Knalpot Motor 4 Tak Ngebul Ketika Digunakan
Jika memang akan Rilis, Varian YZF R15 V1, V2.0 atau Versi Baru
Honda Luncurkan Facelift Supra X 125
Cara Pasang Charger Hp di Sepeda Motor
Cara Pasang Charger Hp di Sepeda Motor