Ini Akibatnya Jika Tangki Motor Sering Dibiarkan Kosong

Ini Akibatnya Jika Tangki Motor Sering Dibiarkan Kosong

Ini Akibatnya Jika Tangki Motor Sering Dibiarkan Kosong – Memiliki kendaraan pribadi seperti sepeda motor saat ini bisa dibilang menjadi salah satu kebutukan yang diutamakan bagi masyarakat Indonesia. Coba lihat disekeliling tempat Anda tinggal, pasti sebagian besar tetangga Anda minimal memiliki sebuah sebuah motor untuk menunjang keperluan sehari-harinya. Nah mengingat manfaat memiliki motor sangat membantu dalam melakukan keperluan sehari-hari, wajarnya motor pantas untuk mendapatkan perlakuan khusus pula yakni dengan melakukan perawatan dan maintenance. Salah satu bentuk perawatan yang paling mudah dan paling sering dilakukan adalah dengan mengisi bahan bakar untuk digunakan sehari-hari.

Akibatnya Jika Tangki Motor Sering Dibiarkan Kosong

Akibatnya Jika Tangki Motor Sering Dibiarkan Kosong

Akan tetapi terkadang karena keterbatasan situasi membuat motor ditinggalkan untuk sementara waktu dalam kondisi tangki tidak terisi bahan bakar sedikitpun.Jika tangki motor tersebut sering dibiarkan kosong ternyata berakibat fatal bagi kesehatan sepeda motor, begitu pula sebaliknya jika motor digunakan secara rutin serta mengisi bahan bakar secara rutin maka semakin banyak pula manfaat untuk menjaga kesehatan motor. Simak efek buruk jikalau tangki motor Anda sering dibiakan kosong yang akan Trendotomotif.com jalaskan berikut ini:

Ini Akibatnya Jika Tangki Motor Sering Dibiarkan Kosong

1. Korosi

Korosi atau biasa disebut karatan pada bagian tangki memang sudah menjadi langganan bagi pemilik sepeda motor khususnya motor sport apabila tangki motor sering dibiarkan kosong. Bila tangki sedang dalam kondisi kosong sama sekali menyebabkan udara akan masuk ke dalam tangki mengisi ruang hampa. Berawal dari masuk udara tersebut maka dapat memancing oksidasi kemudian timbulah bercak-bercak karat.

Pada umumnya bercak karat tersebut akan mudah menghilang jika ruang hampa di dalam tangki tersebut sering terisi bahan bakar. Namun jika tangki bahan bakar sering dibiarkan kosong maka becak karat tesebut akan semakin melebar dan menimbulkan tangki menjadi bocor.

2. Timbul Endapan

Kondisi tangki sepeda motor yang sering dibiarkan kosong juga akan menimbulkan hadirnya sisa-sisa bahan bakar yang mengendap bercampur dengan serbuk besi hasil tangki yang berkarat. Endapan bahan bakar berupa serbuk kecil kerap timbul bila menggunakan bahan bakar menggandung timbal sehingga jika dibiarkan akan terus menumpuk.Dampak buruk dari endapan tersebut akan menyebabkan sumbatan pada saluran tangki bahan bakar. Kemudian suplai bahan bakar dari tangki akan terganggu sehingga motor yang sering dibiarkan kosong tangkinya akan mudah mengalami mogok.3. Merusak Fuel Pump

Bagi para pemilik sepeda motor injeksi, efek buruk tangki motor sering dibiarkan kosong dapat berdampak pada perangkat fuel pump. Fuel pump merupakan perangkat untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki menuju injector. Rusaknya fuel pump di sebabkan oleh tersumbatnya kanal kecil di saluran fuel pump karena endapan sehingga bahan bakar tidak bisa disalurkan dengan baik, lebih parahnnya endapan juga dapat menimbulkan fuel pump mati.

4. Pembakaran Tidak Stabil

Terganggunya fungsi perangkat fuel pump dapat dalam jangka waktu yang panjang akan berdampak buruk pada elemen motor injeksi lainnya. Dalam hal ini yang terkena dampaknya adalah injector. Tak hanya motor injeksi saja yang terkena dampaknya, motor karbu juga mengalaminya.

Pada dasanya karbu atau injector sama-sama berfungsi untuk menyemburkan uap BBM bercampur udara untuk segera dibakar kemudian diubah menjadi tenaga di dalam mesin untuk menggerakkan sepeda motor. Namun disaat suplai bahan bakar dari tangki yang tidak stabil dan membuat karburator atau injector terganggu, bukan tidak mungkin suatu saat penggantian komponen tersebut merupakan satu-satunya jalan terbaik.

5. Boros

Pembakaran yang tidak stabil pastinya membuat bensin yang dikonsumsi tidak mampu terolah dengan baik. Alhasil jika sudah demikian maka BBM akan terkuras dengan sia-sia tanpa memberikan tenaga yang optimal

Perhatikalah setiap saat kondisi sepeda motor Anda dari hal sekecil apapun sebab jika di terus-teruskan kerusakan kecil akan menjadi masalah yang serius dan membuat kantong Anda tekor.-Tendotomotif.com

1 Photos of the Ini Akibatnya Jika Tangki Motor Sering Dibiarkan Kosong

Ini Akibatnya Jika Tangki Motor Sering Dibiarkan Kosong
Pasar Meningkat, Datsun telah Produksi 40 Ribu LCGC