Deteksi Penyebab Kerusakan Mesin Mobil dari Warna Asap Knalpot

Deteksi Penyebab Kerusakan Mesin Mobil dari Warna Asap Knalpot

Deteksi Penyebab Kerusakan Mesin Mobil dari Warna Asap Knalpot – Mobil dengan mesin bensin normalnya tidak mengeluarkan asap yang berwarna pada knalpot, namun apabila knalpot mobil mulai mengeluarkan asap maka kondisi ini akan menjadi tanda bahwa mesin mobil tidak dalam kondisi prima. Maka dari itu mulailah memperhatikan asap yang keluar dari knalpot mobil Anda agar tidak terjadi masalah yang lebih besar lagi pada mesin mobil Anda.Knalpot mobil keluar asap

Ada beberapa warna asap yang keluar dari knalpot begitu pula penyebabnya pun berbeda-beda. Oleh karena itu berikut ini kami berikan penjelasan terkait penyebab kerusakan mesin mobil dari  warna asap knalpot.

Deteksi Penyebab Kerusakan Mesin Mobil dari Warna Asap Knalpot

  1. Asap Warna Putih

Apabila mobil Anda mengeluarkan asap warna putih, maka perhatikan apakah asap yang keluar hanya tipis atau pekat karena ini akan berbeda penyebabnya. Bila yang keluar asap tipis bisa dibilang bahwa mesin mobil Anda masih dalam keadaan normal. Kondisi ini biasa terjadi karena didalam knalpot terjadi penumpukan kotoran dari hasil pembakaran mesin.

Sedangkan bila yang keluar adalah asap putih yang cukup pekat maka bisa diartikan bahwa mesin mobil Anda terdapat masalah yang cukup serius. Penyebab utamanya adalah karena  terdapat oli dengan intensitas yang besar masuk didalam ruang bakar dan ikut terbakar. Kondisi ini terjadi karena terdapat kerusakan pada ring piston atau seal klep sehingga memuat oli mesin masuk pada ruang bakar.

Asap Warna Putih Kebiruan

Asap warna putih kebiruan keluar dari knalpot menjadi pertanda adanya sedikit oli yang ikut terbakar di dalam ruang bakar mesin. Kondisi ini biasa disebabkan oleh kebocoran pada gasket antara silinder head dengan blok mesin. Bisa juga disebabkan oleh ausnya ring piston dan oli pun menjadi bocor. Sementara itu untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan turbo, asap ini menandakan bahwa sudah saatnya Anda mengganti blower dari turbo mobil tersebut.

Asap Warna Abu-Abu

Jika yang keluar adalah asap berwarna abu-abu berarti terjadi kemacetan pada katup Positive Crankcase Ventilation (PCV). Penyebab kondisi ini sama halnya dengan asap warna biru tadi yakni disebabkan karena kinerja turbo yang tidak normal dan juga oli mesin yang bocor ikut terbakar.

Asap Warna Hitam

Sementara itu untuk asap warna hitam biasa terjadi karena pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna sehingga menyisakan hasil pembakaran yang keluar melalui knalpot. Umumnya bila mobil berada dalam kondisi ini, konsumsi BBM akan terasa boros sekali bahkan bisa dua kali lipat dari keadaan mesin mobil kondisi normal.

Itulah beberapa penyebab yang biasa terjadi bila mobil keluar asap dari knalpot. Bila mobil Anda mengalami masalah keluar asap seperti diatas sebaiknya segeralah bawa mobil kebengkel agar mendapatkan pengecekan dan penanganan lebih lanjut.

1 Photos of the Deteksi Penyebab Kerusakan Mesin Mobil dari Warna Asap Knalpot

Deteksi Penyebab Kerusakan Mesin Mobil dari Warna Asap Knalpot