Cara Pasang Charger Hp di Sepeda Motor

Cara Pasang Charger Hp di Sepeda Motor

Cara Pasang Charger Hp di Sepeda Motor – Di era teknologi seperti sekarang ini tentu  tidak bisa dipisahkan dengan adanya charger.  Setiap pengguna handphone sudah tentu membutuhkan alat untuk mengisi batre handphone ini. Meskipun penggunaannya bisa digantikan dengan powerbank akan tetapi pada akhirnya juga akan menggunakan charger untuk mengisi batre Hp maupun powerbank. Berdasarkan kebutuhan tersebut kini produsen sepeda motor mulai menambahkan fitur charger pada sepeda motor produksi mereka. Memiliki charger di sepeda motor akan sangat berguna di waktu kehabisan batre hp saat berpergian jauh keluar kota.

Cara Pasang Charger HP di Sepeda Motor

Cara Pasang Charger HP di Sepeda Motor

Oke ngomong omong masalah charger, apa bisa sepeda motor lama bisa dipasang charger seperti sepeda motor keluaran terbaru saat ini.? Tentu bisa donk. Pada dasarnya charger hp pada motor dapat dipasang di semua motor lama, baik itu menggunakan sistem kelistrikan fullwave maupun halfwave dengan aman. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara pasang charger hp di sepeda motor secara aman.

Hal pertama yang harus disiapkan untuk membuat charger di sepeda motor adalah mempersiapkan bahannya yaitu 1 buah fuse, 1 buah relay, dan tentunya jangan lupa 1 buah travel charger mobil. Sedangkan untuk pemasangannya bisa dibaca pada diagram rangkaian charger motor berikut ini.

Cara Pasang Charger HP di Sepeda Motor 2 Cara Pasang Charger HP di Sepeda Motor 3 Cara Pasang Charger HP di Sepeda Motor 4 Cara Pasang Charger HP di Sepeda Motor 5

Agar lebih aman sebaiknya ambil sumber input positif dari kontak, jangan mengambil langsung dari aki agar charger tidak mengambil daya terus menerus. Jadi charger hanya dapat digunakan saat kunci ON saja sehingga akan mencegah aki cepat rusak. Akan tetapi Anda juga bisa menambahkan saklar agar lebih menarik dan dapat dihidupkan dan dimatikan sesuka hati. Jangan lupa pasang fusa-nya juga untuk menghindari arus pendek listrik.

Rangkaian ini bisa dirasa cukup aman untuk digunakan untuk charger di sepeda motor karena arus input diambil dari daya aki. Jadi selama aki dalam kondisi normal, arus listrik yang dihasilkan akan tetap stabil dan tidak berpengaruh pada beban apapun. Apabila sistem kelistrikan sepeda motor Anda masih menggunakan model halfware, sebaiknya gunakan  charger disaat kondisi mesin motor menyala agar aki tidak mudah tekor.

Untuk menambah keamanan penggunaan charger motor di sepeda motor akan lebih aman bila digunakan untuk mengisi daya powerbank saja, bukan digunakan langsung untuk mengisi daya smartphone atau barang elektronik berharga lainnya. Sehingga apabila terjadi hal yang tidak di inginkan maka yang rusak hanya powerbanknya saja.

Itulah tadi ulasan yang dapat kami berikan mengenai cara pasang charger hp di sepeda motor. Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda untuk memasang charger di motor kesayangan Anda.

5 Photos of the Cara Pasang Charger Hp di Sepeda Motor

Cara Pasang Charger Hp di Sepeda MotorCara Pasang Charger Hp di Sepeda MotorCara Pasang Charger Hp di Sepeda MotorCara Pasang Charger Hp di Sepeda MotorCara Pasang Charger Hp di Sepeda Motor