6 Tips Mengecek Kondisi Motor Sebelum Touring

6 Tips Mengecek Kondisi Motor Sebelum Touring

6 Tips Mengecek Kondisi Motor Sebelum Touring РMasa liburan di penghujung tahun telah tiba tentu ada banyak orang memanfaatkan liburan akhir tahun ini dengan berlibur atau touring ke luar kota dengan keluarga maupun teman menggunakan sepeda motor. Touring memang menjadi kegiatan yang mengasyikkan terlebih lagi pada masa liburan ini karena dapat menjadi pelepas rasa jenuh dari kerjaan sehari-hari. Nah bagi Anda yang berencana touring ke luar kota dengan menggunakan motor, tentu sepeda motor harus berada dalam kondisi prima. Kondisi motor yang prima sangat diperlukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan berkendara. Untuk itu sebelum melakukan touring melintasi jalan berkilo-kilo jauhnya ada beberapa part yang harus kita cek terlebh dahulu. Paling tidak lakukan servis ringan atau mengganti komponen sepeda motor yang akan habis daya pakainya. Untuk lebih jelasnya simak tips mengecek kondisi motor sebelum touring berikut ini.

6 Tips Mengecek Kondisi Motor Sebelum Touring

6 Tips Mengecek Kondisi Motor Sebelum Touring

6 Tips Mengecek Kondisi Motor Sebelum Touring

Service Karburator atau Injector

Komponen ini wajib sekali dilakukan pengecekan atau dibersihkan, bayangkan saja bila saat berkendara di tengah hutan karburator/injctornya bermasalah tentu ini akan sangat merepotkan bukan. Untuk injector lakukan pengecekan di bengkel resmi sedangkan untuk karburator cukup bersihkan dan setting ulang.

Cek Pengereman

Lakukan penggantian jika kampas rem telah habis. Sedangkan untuk rem cakram lakukan penambahan minyak rem jika kurang.

Mengecek Kelistrikan

Hal ini merupakan pengecekan yang paling mudah dilakukan bagi pemilik sepeda motor dengan jenis apapun namun juga tak kalah penting. Lakukan pengecekan pada fungsi kelistrikan misalnya seperti lampu utama jauh dekatnya menyala, lampu rem, lampu sign, klakson dan indikator spedometer. Bengitu pula dengan air aki, lakukanlah penambahan air aki bila dirasa kurang.

Cek Tekanan Ban

Pengecekan tekanan angin ban penting dilakukan, sebaiknya jangan gunakan motor untuk touring disaat tekanan angin tidak sesuai. Apabila tekanan angin ban tidak sesuai segeralah lakukan penambahan atau kurangi tekanan angin. Anda dapat mengetahui tekanan angin ban yang sesuai dengan melihat informasi tekanan angin yang di anjurkan pada sisi ban tersebut.

Periksa Air Radiator dan Oli

Bagi sepeda motor yang dilengkapi dengan sistem cairan pendingin, lakukanlah penambahan jika volume air pendingin kurang dari batas yang dianjurkan, tidak kurang juga tidak lebih. Untuk oli lakukan penggantian jika kualitas oli sudah jelek . Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu motor agar tidak cepat panas untuk perjalanan jauh.

 

 

Periksa Kondisi Rantai dan Gear

Terakhir periksalah kondisi rantai dan gear sepeda motor, lakukan penyetelan kerenggangan rantai sepeda motor sesuai dengan standarnya. Lumasi juga rantai dengan pelumas khusus jangan menggunakan oli bekas. Akan tetapi bila rantai dan gear sudah aus segeralah ganti dengan yang baru.

Nah bila Anda sudah melakukan pengecekan seperti langkah diatas dan mendapatkan hasil motor yang prima maka sepeda motor Anda siap untuk diajak touring ke luar kota denga asyikkk. Selamat berlibur.

1 Photos of the 6 Tips Mengecek Kondisi Motor Sebelum Touring

6 Tips Mengecek Kondisi Motor Sebelum Touring
Akhir Tahun, Mazda Diskon hingga sampai Rp 40 Juta
Modifikasi Mobil Angkot Padang
Modifikasi Mobil Angkot Padang