6 Langkah Penting Menghadapi Rem Blong

6 Langkah Penting Menghadapi Rem Blong

6 Langkah Penting Menghadapi Rem Blong – Tidak bisa dipungkiri bahwa rem blong merupakan suatu kondisi dimana paling banyak menyebabkan terjadinya kecelakaan.┬áCoba bayangkan saja sudah berapa banyak nyawa melayang karena kondisi ini? Banyak bukan. Rem blong disebabkan oleh sistem pengereman yang mengalami disfungsi sehingga sistem pengereman tidak bekerja dengan normal.

6 Langkah Penting Menghadapi Rem Blong6 Langkah Penting Menghadapi Rem Blong

Pada dasarnya kecelakaan saat rem blong dapat di antisipasi asalkan pengemudi tetap tenang dan melakukan langkah yang tepat. Oleh karena itu berikut ini kami akan memberikan langkah penting menghadapi rem blong agar dapat membantu meminimalisir angka kecelakaan saat terjadi rem blong.

6 Langkah Penting Menghadapi Rem Blong

1. Menurunkan Gigi Transmisi secara Bertahap

Pada umumnya kecelakaan terjadi ketika mengendarai dengan kecepatan tinggi atau disaat berada di turunan tajam. Bila terjadi rem blong pada saat itu tetaplah tenang dan segera turunan gigi transmisi secara bertahap dari gigi transmisi tinggi ke rendah. Biasanya rpm mesin akan sangat tinggi ketika menggunakan teknik ini, hal tersebut bukan suatu masalah asalkan dilakukan secara bertahap. Dengan begitu laju kendaraan akan berkurang karena tertahan oleh putaran mesin. Teknik ini biasa disebut dengan teknik pengereman engine break.

2. Gunakan Rem Tangan

Rem tangan akan sangat membantu menurunkan laju kendaraan disaat terjadi rem blong. Gunakan rem tangan untuk mengimbangi engine break. Akan tetapi penggunaan rem tangan secara spontan dapat menyebabkan ban selip sehingga terkadang dapat membuat mobil terbalik. Oleh karena itu gunakan rem tangan dengan cara menurunkan gigi transmisi terlebih dahulu kemudian baru memanfaatkan rem tangan.

3. Tetap Nyalakan Mesin

Ketika dalam kondisi panik saat terjadi rem blong, kebanyakan pengemudi langsung mematikan mesin. Padahal ini justru akan mengakibatkan pengemudi kesulitan untuk mengendalikan kendaraan, terutama pada mobil dengan sistem power steering. Oleh karena itu tetap pertahankan dalam kondisi mesin menyala kemudian perhatikan kondisi jalan agar tidak menabrak pengendara lain sembari menepikan kendaraan. Apabila kondisi jalan tidak memungkinkan untuk menepikan kendaraan, maka tidak ada salahnya bila berhenti pada sebelah kanan jalan namun pastikan lampu lampu hazard atau tanda darurat menyala.

4. Jauhkan Kaki dari Pedal Gas

Setelah berhasil mengendalikan laju kendaraan. Pastikan kaki bebas dari pedal gas karena hal ini untuk mengantisipasi pedal gas terinjak secara tidak sengaja. Selain itu cek juga kondisi pedal rem apakah ada sesuatu yang menghalangi atau mengganjal.

5. Kocok Pedal Rem

Rem blong bisa terjadi hanya sementara karena ada suatu kesalahan di sistem pengereman. Untuk memastikannya adalah dengan menginjak pedal rem secara berulang-ulang. Hal ini terkadang bisa mengembalikan fungsi dari sistem pengereman. Namun apabila rem sudah berfungsi sebaiknya bawalah mobil ke bengkel terdekat untuk mempebaiki masalah tersebut.

6. Benturkan dengan Aman

Apabila kendaraan sudah tidak bisa dikendalikan dan tetap melaju kencang langkah terakhir adalah dengan menabrakkan dengan aman ke sesuatu yang lunak. Biasanya apabila diturunkan tajam ada area khusus untuk membantu menghentikan laju kendaraan ketika rem blong. Apabila tidak ada, usahakan untuk memerosokkan kendaraan pada area berlumpur dan pasir atau benda lain yang dirasa aman untuk berbenturan.

Itulah tadi ulasan yang dapat kami berikan mengenai langkah penting menghadapi rem blong yang dapat kami sampaikan. Yang terpenting agar dapat melakukan langkah diatas tetaplah tenang dalam situasi tersebut.

1 Photos of the 6 Langkah Penting Menghadapi Rem Blong

6 Langkah Penting Menghadapi Rem Blong